Dubes RI Apresiasi Lomba Cerdas Anak Sholeh se-Jepang

0
332
Anak-anak peserta lomba cerdas cermat PCINU Jepang

JEPANG,Suaranahdliyin.com – Duta Besar (Dubes) RI untuk Jepang Heri Akhmadi menghadiri kegiatan Lomba Cerdas Anak Sholeh dalam rangka memeringati bulan turunnya Al-quran, Sabtu (3/30/2024). Pada kesempatan itu, ia mengapresiasi kegiatan PCINU Jepang yang berlangsung di Pondok Pesantren NU  Koga, Ibaraki tersebut.

Heri Akhmadi mengatakan kegiatan ini merupakan momen penting untuk menghidupkan ruh pesantren dengan melibatkan anak-anak dalam pendidikan Al-Quran melalui lomba lomba bertemakan agama Islam.

“Saya berharap, selain menjadi pusat pembelajaran agama, pesantren NU di Koga dapat menjadi Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM), sehingga masyarakat mampu meningkatkan kapasitasnya dalam bersaing di dunia global”, ujar Heri yang juga merupakan Mustasyar PCINU Jepang.

Ketua Tanfidziyah PCINU Jepang Achmad Gazali  menjelaskan bahwa kegiatan lomba tersebut merupakan tonggak awal dimulainya kegiatan pesantren NU Attaqwa di Jepang.

“Kami berharap ke depan kegiatan pendidikan lainnya segera jalan, agar keberadaan pesantren ini semakin membawa manfaat khususnya untuk anak anak kita semuanya,”papar Gazali, Doktor lulusan Gifu University.

Gaxali menjelaskan lomba yang dihelat meliputi lomba hafalan surat pendek untuk umur dibawah lima tahun dan diatas lima tahun, lomba sholat subuh, lomba praktik wudlu, dan lomba adzan. Lomba diikuti tak kurang dari 30 anak anak di Jepang.

“Selain menjalin silaturahmi, lomba ini dihelat untuk menstimulasi anak-anak agar semakin semangat dalam belajar Al-Quran serta mampu melatih keberanian mereka dalam mengikuti perlombaan.”tandasnya.

Usai lomba, anak.-mendengarkan pengajian

Selain perlombaan anak – anak, di Pesantren NU tersebut diadakan pengajian “Meraih Kesempurnaan pahala puasa di 10 hari terakhir Ramadan 1445 H”, dengan mendatangkan pembicara KH Ali Nurdin, Wakil Rektor Perguruan Tinggi Ilmu Quran (PTIQ) Jakarta.

Selama bulan Ramadan, PCINU Jepang bersama sebagian lembaga – lembaga (Lembaga Dakwah, lakpesdam)  dan Badan Otonom (PCI Muslimat Nu Jepang, PCI Fatayat Jepang) juga mengadakan serangkaian kegiatan keagamaan baik secara langsung maupun daring melalui zoom meeting.(alnus, sridian/adb)

Comments