Dorong Kemandirian, Alumni Diklatama Dawe Rintis Jasa Outbound Aswaja

0
266
Peserta Diklatama CBP-KKP Dawe tengah apel di sela-sela pelatihan

KUDUS, Suaranahdliyin.com – Kemandirian organisasi bisa diwujudkan dengan berbagai cara. Salah satunya yaitu dengan membuat usaha di bidang jasa outbound sebagaimana direncanakan oleh CBP-KPP Kecamatan Dawe.

Hal itu mengemuka dalam sebuah sesi sarasehan santai bersama pengurus PAC IPNU-IPPNU Kecamatan Dawe dalam arena Diklatama CBP-KPP Dawe di Lapangan Piji Wetan, Gedung NU Dawe, Selasa (09/07/19) malam.

Hadir pada kesempatan ini Ketua IPNU Dawe Aris Purwanto, Ketua IPPNU Dawe Nia Yuliana, Dewan Alumni IPNU Dawe Zaenal Abidin dan beberapa pengurus lainnya.

Ketua PAC IPNU Kecamatan Dawe, Aris Purwanto, menyampaikan rencana pembentukan tim jasa outbound ini. Hal itu ia sampaikan agar kegiatan CBP-KPP tidak monoton sebatas membantu pengamanan IPNU-IPPNU saja.

“Harapannya, 60-an peserta Diklatama ini juga bisa lebih mandiri dan memiliki nilai jual, misalnya dengan mengisi pelatihan serta outbound bagi sekolah-sekolah di Kudus dan sekitarnya,” ujar Aris.

Menurutnya, nilai yang ditawarkan kepada publik nantinya tidak hanya sebatas peningkatan skill, kreativitas dan kekompakan saja. Tetapi juga menggabungkan konsep outbound dengan pengalaman spiritual berbasis ajaran Aswaja an-Nahdliyah.

“Konsep itu sedang kami rancang, tentu tim jasa outbound kami harus beda dengan yang lain. Nilai Aswaja harus kami tonjolkan dan itu bisa sekaligus jadi doktrin,” kata alumnus IAIN Kudus ini.

Untuk mewujudkan program tersebut, imbuh Aris, IPNU-IPPNU akan bekerja sama dengan para stakeholder setempat. Utamanya pemerintah desa dan camat agar mau mendukung niat baik ini.

“Kami juga butuh dukungan semua pihak, utamanya pemerintah desa dan camat agar program ini bisa berjalan dan berkelanjutan. Baik dalam bentuk perizinan, finansial dan promosi,” jelasnya.

Ia juga berharap kepada guru, kepala sekolah maupun staf yang berada di lingkungan NU bisa mendukung program ini dengan promosi. Dari CBP-KPP nantinya juga akan mengadakan simulasi program kepada beberapa madrasah, RA atau PAUD yang ada di Kecamatan Dawe. (rid/adb)

Comments