Wakil Menlu: Surat Al Hujurat Ayat 13 Ayat Hubungan Internasional

0
659
Wakil Menteri Luar Negeri, , H. Abdurrahman Mohammad Fachir, saat menyampaikan sambutan dalam launching Hari Santri 2019.

JAKARTA, Suaranahdliyin.com – Ada hal yang menarik disampaikan Wakil Menteri Luar Negeri (Menlu) RI, H. Abdurrahman Mohammad Fachir, dalam kesempatan menyampaikan sambutan pada launching Hari Santri 2019, Kamis (19/9/2019) malam.

Pada saat itu, dia menyitir Surat Al Hujurat ayat 13 yang artinya kurang lebih: “Hai manusia, sesungguhnya Kami menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan dan menjadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku, supaya kamu saling kenal-mengenal. Sesungguhnya orang yang paling mulia di antara kamu di sisi Allah ialah orang yang paling takwa di antara kamu. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha Mengenal.”

Surat Al Hujurat Ayat 13 itu disebutnya sebagai ‘’Ayat hubungan internasional’’. ‘’Ayat ini adalah ayat hubungan internasional. Ayat tersebut menghendaki seseorang tidak sekadar saling mengenal, tetapi juga saling berinteraksi untuk memberi manfaat,’’ ujarnya.

Dia pun menyebutkan, bahwa salah satu tujuan Indonesia merdeka, adalah untuk ikut berkontribusi bagi perdamaian dunia. ‘’Bayangkan, jauh sebelum Indonesia merdeka, (para pendiri bangsa) sudah bercita-cita ingin berkontribusi bagi dunia,’’ terangnya.

Dan yang merumuskan tujuan mulia itu, di antaranya adalah KH. A. Wachid Hasyim, H. Agus Salim, Ki Bagus Hadi Kusumo dan KH. A. Fattah Hasan. ‘’Maka, Hari Santri selain untuk mengenang andil besar kiai dan santri terhadap lahirnya Indonesia, sekaligus untuk menyegarkan dan memotivasi santri zaman now untuk berkiprah di saat ini dan mendatang,’’ tuturnya. (ros/ adb, rid)

Comments