Gus Yahya: Santri Identitas Universal

0
478
Para santri mengikuti kajian kitab bersama pengasuh pondok

JAKARTA, Suaranahdliyin.com – Pada Jum’at (6/10/2023) kemarin, Menteri Agama (Menag) RI, H Yaqut Cholil Qoumas, resmi meluncurkan logo peringatan Hari Santri 2023 di Auditorium HM Rasjidi, Gedung Kementerian Agama (Kemenag) RI, Jakarta.

Peluncuran yang disaksikan perwakilan ormas Islam, pengasuh dan santri pesantren, para pejabat Eselon I, II, dan III Kemenag, serta para Staf Khusus dan Staf Ahli Menteri Agama. Dan Hari Santri 2023 ini, mengusung tema “Jihad Santri Jayakan Negeri”.

Siapakah santri? Menurut ketua umum (Ketum) PBNU, KH Yahya Cholil Staquf (Gus Yahya), santri adalah identitas yang universal.

“Menjadi santri adalah menjadi universal. Atribut santri adalah hak universal. Identitas santri adalah identitas universal. Yaitu nilai-nilai luhur dalam pergulatan rohani untuk memperjuangkan kemuliaan peradaban universal,” ujarnya dikutip Suaranahdliyin.com dari akun @YahyaCStaquf.

Ilustrasi: istimewa

Gus Yahya berpandangan, bahwa “Barangsiapa memperhatikan rohani dengan memupuk kekuatannya, untuk ikut serta memperjuangkan peradaban yang mulia bagi seluruh umat manusia, itulah santri,” tuturnya. (ros/ rid, adb, gie)

Comments