Lulusan PGMI STAINU Temanggung Bisa Jadi Teacherpreneur

0
207
Mengabadikan kebersamaan usai rapat pemantapan.

TEMANGGUNG, Suaranahdliyin.com – Bertempat di RM. Alam Desa Kranggan, Temanggung, Kaprodi, Sekprodi dan dosen Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) STAINU Temanggung menggelar rapat pemantapan penerapan kurikulum PGMI berbasis Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) dan Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SNPT), Kamis (11/1/2018).

Hadir Kaprodi PGMI Hamidulloh Ibda, Sekprodi PGMI Farinka Nurrahmah Azizah, dan dosen PGMI M. Fadloli Al Hakim, Effi Wahyuningsih, dan Gandhi.

Hamidulloh Ibda, mengatakan, Prodi PGMI STAINU Temanggung sudah mengonsep dan kurikulum berbasis KKNI-SNPT. “Prosesnya panjang, dari perumusan capaian pembelajaran, profil lulusan PGMI, hingga perumusan bidang kajian, sampai dengan muncul pemetaan mata kuliah, sudah kami bahas dengan perbandingan kurikulum KKNI-SNPT dari Perkumpulan Dosen Prodi PGMI Jateng-DIY yang saya dapat pada Desember 2017 kemarin,” katanya.

Dia mengemukakan, penerapan kurikulum PGMI berbasis KKNI-SNPT akan berdampak pada profil lulusan dan capaian pembelajaran sehingga melahirkan mata kuliah yang mendukung profil lulusan tersebut.

Sekprodi PGMI STAINU Temanggung Farinka Nurrahmah Azizah menambahkan bahwa profil lulusan utama dari Prodi PGMI STAINU Temanggung adalah menyiapkan calon guru kelas di jenjang MI/SD.

“Untuk profil tambahan, kami merumuskan bahwa lulusan nanti disiapkan menjadi teacherpreneur. Ini sudah kami petakan learning outcome dan bidang kajian serta mata kuliahnya. Sehingga, lulusan PGMI bisa menjadi guru kelas di jenjang MI/SD sekaligus menjadi wirausahawan di bidang pendidikan dasar,” jelasnya. (dloli/ ros)

Comments