Kebersamaan dalam Haul Simbah Surgi Nawawi

0
511
Penggantian luwur makam Simbah Surgi Nawawi

JEPARA, Suaranahdliyin.com – Kamis (11/5/2023) kemarin, makam Simbah Surgi Nawawi, tokoh yang dikenal sebagai cikal bakal berdirinya Dukuh Kedungombo, Desa Buaran, Kecamatan Mayong nampak ramai oleh warga yang berduyun-duyun berdatangan.

Kedatangan mereka di makam leluhur dukuh tersebut, adalah untuk melakukan ziarah warga secara Bersama. “Ziarah ini dalam rangka haul Simbah Surgi Nawawi, yang rutin digelar warga setiap Jum’at terakhir Syawal,” terang Kiai Izzul Ma’ali SPd MPd, salah satu tokoh dukuh setempat.

Kepada Suaranahdliyin.com Kiai Izzul Ma’ali menyampaikan, bahwa beragam kegiatan yang digelar warga dalam rangka haul Simbah Surgi Nawawi tersebut. Di antaranya khataman bi al-ghaib pada Jum’at (12/5) pagi ini, kemudian malam sebelunya di masing-masing musala dan masjid kampung, digelar khataman bi al-nadhar.

“Alhamdulillah, perhatian dan dukungan warga dalam setiap haul Simbah Surgi Nawawi sangat bagus. Semuanya ingin berpartisipasi untuk memberikan penghormatan kepada leluhur cikal bakal kampung ini melalui haul yang digelar setiap tahun,” terang Kiai Izzul Ma’ali menambahkan.

Sementara itu, selain beberapa kegiatan itu, kegiatab lain yang digelar yakni pengajian umum yang kali ini menghadirkan KH Aniq Nafisah (Kudus) dan juga ada brokohan (selametan warga).

Makan bersama dalam usai doa bersama dalam brokohan pada haul Simbah Surgi Nawawi

“Brokohan dalam setiap digelarnya haul Simbah Surgi Nawawi ini sangat menarik, karena kebersamaan dan kegotongroyongan warga begitu Nampak,” katanya. (rls/ ros, rid, adb)

Comments