Terbuka untuk Perempuan di Indonesia
1000 Peserta se-Indonesia Dijadwalkan Ikuti Kongres Perempuan Nasional 

0
753

SEMARANG, Suaranahdliyin.com – Sebanyak 1000 peserta dari seluruh Indonesia dijadwalkan hadir untuk mengikuti Kongres Perempuan Nasional, yang akan dilangsungkan di Universitas Diponegoro (Undip) pada 24 – 26 Agustus mendatang.

Para peserta yang akan hadir itu berasal dari Pemerintah Pusat (DPR RI, Kementerian, Lembaga dan DPR RI), Pemerintah Daerah (DPRD/ Kabupaten/ Kota/ Provinsi), Partai Politik, Pemerintah Desa (Kepala Desa, Perangkat dan BPD), Organisasi/ Komunitas Perempuan Akar Rumput, organisasi sosial kemasyarakatan, Aktivis (NGO), Jurnalis, Korporasi (swasta), mahasiswa serta Lembaga Negara/ Lembaga Independen lainnya.

Keynote Speech pada kesempatan ini yaitu Puan Maharani (Ketua DPR RI), dilanjutkan dengan seminar nasional Bersama I Gusti Ayu Bintang Darmawati SE MSi (Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI) yang akan mengulas “Perempuan dalam Tata Kelola Pemerintahandan Prof Dr Dra Sulistyowati Irianto MA (Antropologi Hukum, Fakultas Antropologi Universitas Indonesia dengan materinya “Perempuan dalam Kebudayaan”.  Seminar akan dipandu olehAndy Yentriyani (Komnas Perempuan).

Usai seminar, peserta akan dibagi dalam lima tema utama, yaitu Komisi I membahas “Peluang dan Tantangan Kepemimpinan Perempuan dalam Tata Kelola Pemerintahan dengan narasumber Ir Hj Hevearita Gunaryanti Rahayu MSos (Walikota Semarang), Hasyim Asy’ari SH MSi PhD (Ketua KPU Pusat) dan Lolly Suhenty SSosI MH (Bawaslu RI), dipandu  Dr Ida Budhiati SH MHum.

Komisi II membedah Peluang dan Tantangan Kepemimpinan Perempuan dalam Mendorong dan Memperkuat Ketahanan Pangan”. Didaulat sebagai pemateri yaitu Hj Siti Atikoh Supriyanti (Ketua Tim Penggerak PKK Jawa Tengah), Prof Dr Ir Florentina Kusmiyati MSc (Dosen Fakultas Pertanian Undip), Lily Batara (Manager Program Koalisi Rakyat untuk Kedaulatan Pangan) serta Dr Phill Dewi Candraningrum MEd (UMS Surakarta), dipandu oleh Agus Gunawan Wibisono.

Selanjutnya, ada Komisi III yang akan membahas Peluang dan Tantangan Kepemimpinan Perempuan untuk Mewujudkan Kebijakan Adil gender dan Anti Kekerasan terhadap Perempuan”.  Narasumber untuk tema ini yaitu Luluk Nur Hamidah MSi MPA (Anggota Komisi IV DPR RI), Mieke Verawati Tangka (Sekjen Koalisi Perempuan Indonesia), Andy Yentriyani (Ketua Komnas Perempuan) dan Nur Laila Hafidhoh MPd (Direktur LRC-KJHAM) dengan pemandu Myra Diarsi MA.

Untuk Komisi IV, mengulas “Peluang dan Tantangan Perempuan dalam Mewujudkan Energi Bersih serta Responsif pada Isu Lingkungan”. Dipandu Dr Mila Karmilah ST MT, para pembicara pada isu ini adalah Agustina Wilujeng Pramestuti SS MM (Wakil Ketua Komisi X DPR RI), Delima Silalahi (Direktur Kelompok Studi dan Pengembangan Prakarsa Masyarakat/ KSPPM) dan Paramita Iswari ST MA (Direktur Perkumpulan Karsa)

Sedang Komisi V yang akan membedah Peluang dan Tantangan Perempuan dalam Memperkuat/ Mewujudkan Kebudayaan dan Media yang Ramah Perempuan akan dihadiri pembicara yang terdiri atas Dr Lestari Moerdijat SS MM (Wakil Ketua MPR RI), GKR Hemas (DPD RI), Luviana Ariyanti (Pemred wwww.konde.co) serta Evri Rizqi Monarshi (Komisi Penyiaran Indonesia Pusat), dipandu Masruchah.

Sebagai informasi, Kongres Perempuan Nasional ini terbuka untuk seluruh perempuan di Indonesia. Pendaftaran dan konfirmasi untuk mengikuti acara tersebut, silakan menghubungi Mila Karmilah (Ketua I Kongres Perempuan Nasional) di Nomor: 085215664422. (rls/ ros, adb)

Comments