Peringati Harlah NU dengan Penguatan Literasi Media Siber

0
579
Panitia dan narasumber foto bersama usai pelatihan.

TEMANGGUNG, Suaranahdliyin.com – Dalam rangka memberi memperingati Harlah NU ke 92, Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Temanggung menggelar pelatihan jurnalistik media siber dengan tujuan untuk meningkatkan wawasan jurnalistik dan literasi media siber yang menghadirkan Hamidulloh Ibda dosen STAINU Temanggung.

Dalam pelatihan itu disampaikan materi-materi dasar jurnalistik dan literasi media siber kepada jajaran pengurus Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Temanggung di pada Rabu (31/1/2018) malam di Jalan Genie Tentara No. 27 Pikatan, Mudal, Temanggung.

Jamal SH. MH. mengatakan, tujuan kegiatan ini untuk meningkatkan kapasitas pengurus dan anggota LBH agar melek media dalam sudut pandang hukum. “Acara ini paling dasar, agar semua aktivis hukum melek literasi dan bisa minimal menulis berita,” kata kandidat Doktor UII Yogyakarta itu.

Hamidulloh Ibda, salah satu narasumber, menyampaikan peran dan fungsi media dan pers hingga bagaimana cara untuk menulis berita. “Paling dasar itu adalah mengenal apa beda informasi, isu dan berita serta perusahaan pers dan organisasi pers,” ujar kepala Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) STAINU Temanggung tersebut.

Dalam paparannya dia menjelaskan, informasi belum tentu berita, tetapi kalau berita pasti ada unsur informasinya. “Anda juga harus membedakan perbedaan mendasar antara opini dan berita. Dalam berita haram ada opini, tetapi dalam opini boleh ada beritanya atau data yang dibutuhkan,” lanjutnya. (jm/ ros)

Comments