UIN Walisongo Ikuti IIEE

0
291

SEMARANG, Suaranahdliyin.com – UIN Walisongo turut unjuk aksi dalam pameran bertaraf internasional yang digelar Pendis Kemenag RI, yakni International Islamic Education Expo (IIEE). IIEE digelar di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD, Serpong, Tangerang, Banten, 21 -24 November lalu.

Segala alat penentu hilal dari yang tradisional hingga tercanggih, dipamerkan dalam ajang ini. Selain itu, dipamerkan pula gaun berbahan limbah sampah plastik, serta aneka handy craft seperti tas dompet bunga rajutan dari limbah sampah yang sudah tidak terpakai.

Sebanyak 18 kampus papan atas dunia, berpartisipasi dalam gelaran IIEE tersebut. Ikut pula, delapan partner institution seperti lembaga kursus dan lembaga pemberi beasiswa, serta lima kedutaan besar yang sudah terkonfirmasi ikut pameran.

Untuk kampus internasional berpartisipasi dalam IIEE tersebut, antara lain Monash University Australia, Queen’s University Kanada, University of Sidney Australia, University of Canberra Australia, dan Sheffield Hallam University, dan kampus-kampus asal Inggris.

“Perguruan tinggi keren di Inggris dan Australia, ikut berpartisipasi. Mereka rata-rata punya kerja sama dengan kami dalam berbagai program internasional,” ujar Dirjen Pendidikan Islam (Dirjen Pendis) Kemenag, Kamaruddin Amin.

Sedang kedutaan asing yang terkonfirmasi daftar berpartisipasi, antara lain Iran, Malayisa, Jordan, dan Amerika Serikat. Selain itu, sebanyak 90 negara diundang untuk menghadiri acara pembukaan pameran pendidikan Islam ini.

“Melalui acara ini, kami ingin menyampaikan pesan kepada masyarakat dunia, bahwa Indonesia layak menjadi destinasi studi Islam dunia. Karena pendidikan Islam Indonesia memiliki keistimewaan dan kekhasan yang tidak dimiliki negara mana pun,” katanya. (sho/ ros)

Comments