Indonesia Diharap Jadi Inisiator Perdamaian di Palestina

0
217
Silaturahmi Ganjar Pranowo di Pondok Pesantren Hidayatul Fudhola’ Walisongo, Musi Banyuasin

MUSI BANYUASIN, Suaranahdliyun.com – Terkait konflik yang terjadi antara Palestina-Israel, diharapkan Indonesia bisa menjadi inisiator bagi kedua Negara yang sedang perang di Gaza tersebut.

Bakal calon presiden (Bacapres) RI 2024, Ganjar Pranowo, menyampaikan hal itu, belum lama ini. “Kalau kita lihat seluruh dunia bergerak, maka Indonesia harus ikut berkontribusi. Organisasi-organisasi di konferensi Islam harus bicara. Di PBB kita harus bicara carikan solusi agar bisa mendamaikan,” katanya dalam silaturahmi di Pondok Pesantren Hidayatul Fudhola’ Walisongo, Musi Banyuasin, Senin (6/11/2023) kemarin.

Dia mengutuk keras adanya peperangan, karena hanya akan mengakibatkan kesengsaraan. Bahkan, faktanya lebih mengerikan karena anak-anak dan perempuan tak luput menjadi korban.

“Apapun, yang namanya perang itu menyengsarakan. Anak-anak dan perempuan jadi korban. Rumah sakit juga jadi korban,” tegasnya.

Dikatakannya, bahwa Indonesia harus mengambil sikap dan menginisiasi perdamaian. “Penyelesaian politik harus dilakukan dan suka tidak suka, mau tidak mau harus ada yang menginisiasi. Saya kira Indonesia punya kesempatan itu. Maka sekarang dalam konteks politik bebas aktif kita hari ini harus menginisiasi,” tuturnya.

Upaya perdamaian, lanjutnya menambahkan, bisa dilakukan dengan berkomunikasi ke Dewan Keamanan Dunia, ke OKI (Organisasi Kerja Sama Islam) atau penyelesaian two-state solution; bicara dengan Palestina, juga Israel. (rls/ ros, rid, adb)

Comments