Banser Terjunkan 300 Personel Bantu Jamaah Maulid Nabi di Solo

0
261

    Banser membaur dengan jamaah

SOLO, Suaranahdliyin.com – Satuan Koordinasi Cabang  Barisan Ansor Serba Guna (Banser) Satkorcab Solo Jawa Tengah menerjunkan 300 personel dalam peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW di Masjid Riyadh Solo, Selasa (9/01/2018). Mereka turut membantu mengarahkan ribuan jamaah yang datang dari berbagai daerah.

Koordinator lapangan Makmur Budiono mengatakan personel Banser yang diterjunkan berasal dari seluruh satkoryon dari Solo Raya. Mereka ditugaskan secara bergiliran sejak hari pertama (7/1) peringatan haul di kediaman Habib Anis bin Alwi dan Habib Ali bin muhammad bin Husein (pengarang kitab Simtuth Duror).

“Partisipasi Banser dalam pengamanan atas inisiatif sendiri untuk membantu kenyamanan jamaah memeringati Maulid Nabi di sini,”ujarnya kepada Suaranahdliyin.com Selasa pagi tadi.

Ia menuturkan setiap tahun Banser selalu partisipasi pengamananan peringatan Maulid Nabi SAW dan Haul Habib M Anis bin Alwi. Tahun ini, Banser menambah personil dari daerah Sragen, Wonogiri dan Klaten. “Melihat jamaah yang hadir tiap tahun semakin banyak, kami menambah personil,”tandasnya.

Dari pantauan Suaranahdliyin.com, pasukan Banser dengan ramah mengarahkan jamaah yang baru berdatangan. Tidak hanya mengatur jamaah, personil banser juga mengingatkan barang bawaan supaya aman dari tindakan yang tidak diinginkan.

“Mas, tasnya ditaruh di depan badan saja biar aman dari kecopetan,”kata seorang Banser mengingatkan.

Jamaah maulid meluber di sepanjang jalan

Sementara itu, pembacaan maulid Nabi yang dipusatkan di masjid Riyadh berlangsung hidmat. Puluhan ribu jamaah larut mengikuti bacaan maulid sejak pukul 04.30 wib.

Para jamaah datang tidak hanya berasal dari Jawa Tengah. Mereka juga datang dari jawa Timur dan  luar jawa seperti Samarinda dan Kota Kapuas. Para jamaah memadati masjid dan sepanjang jalan pasar Kliwon Solo.(gie/adb)

 

Comments