Pondok Pesantren H Nuridin Idris Adakan Pra Munaqosah Tahfidzul Qur’an

0
660
Para santri yang mengikuti acara pra munaqosah Tahfidzul Qur’an

BREBES,Suaranahdliyin.com – Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an H Nuridin Idris Brebes  mengadakan pra munaqosah Tahfidzul Qur’an untuk jus 30, Ahad (28/5/2023).  Kegiatan yang diikuti sekitar 450 santri berlangsung di masjid H Nuridin Idris di tengah  tengah lingkungan pesantren.

Pengasuh Pesantren Tahfidzul Qur’an KH Nuridin Idris  menjelaskan para santri sudah hafal Al-Qur’an secara urutan ayat juga hafal terjemah Quran dan potongan ayat. Penguji yang menyebutkan potongan ayat,  seluruh santri bisa meneruskan ayat sampai sempurna.

“Kami merasa bangga para santri bisa hafal dengan baik. Tentu Bapak Ibu sebagai orang tua harus lebih berbahagia dan bersyukur,”katanya di hadapan seluruh wali santri dan tamu undangan yang hadir.

Kiaii yang pengusaha Rekso Tani ini menuturkan bahwa saat ini santri sudah mencapai kurang lebih dengan santri baru yang lolos seleksi beberapa waktu yang lalu. Santri putri menempati asrama terpisah di sebelah timur dg pagar, sementara santri putra menempati asrama sebelah barat.

“Sudah banyak santri luar daerah, bahkan luar Jawa yaitu dari Medan. Untuk santri Jawa Barat dan Banten  juga sudah banyak. Santri yang dari Brebes dan Tegal jumlahnya lumayan mendominasi, “imbuh Mustasyar MWC NU Larangan.

Sementara itu pimpinan Pondok Pesantren H Nuridin Idris, H Mahfudz, MH mengungkapkan anak anak sukses hafalannya berasal dari keluarga kurang mampu secara ekonomi. Ini tentunya menjadi motivasi untuk mereka tergolong keluarga mampu untuk lebih semangat dalam menghafalkan Qu’ an,

 

“Yang sudah hafal 30 Juz ada 3 santri. Mereka semua berangkat dari keluarga kurang mampu. Namun dengan semangat, mereka istiqomah menghafalkan Quran  sampai hafal di luar kepala,”terangnya. (rri/adb)

Comments