Hadirkan Gus Muwafiq, HUT ke-36 Racana IAIN Kudus Digelar Meriah

0
583
Gus Muwafiq menjadi pembicara Pramuka IAIN Kudus Bersholawat, kemarin

KUDUS, Suaranahdliyin.com – Pramuka Bersholawat dalam rangka HUT Racana yang ke – 36 IAIN Kudus digelar meriah di halaman kampus setempar, Kamis (8/9/2022). Dengan mengusung tema “Karyo Nakyas ing Sasomo” ini, kegiatan diikuti oleh mahasiswa IAIN Kudus maupun masyarakat umum.

Kegiatan ini dilakukan, karena kampus selama dua tahun tidak memiliki kegiatan yang besar, kemudian terbitlah inisiatif untuk mengadakan orasi kebangsaan dengan serangkaian acara seperti sholawat bersama dai asal Yogyakarta KH. Ahmad Muwafiq, inagurasi yang menggundang racana sahabat, dan juga seminar nasional yang dilakukan secara bertahap.

Rektor IAIN Kudus, Abdurrahman Kasdi mengungkapkan acara pramuka bersholawat ini sebagai bentuk moderasi beragama. Ia juga turut bangga karena Racana IAIN Kudus dapat menggelar kegiatan yang spektakuler.

“Racana IAIN Kudus ini merupakan UKM yang sangat mandiri, ada maupun tidaknya anggaran kegiatan mereka tetap jalan. Hal tersebut dikarenakan frekuensi dari racana ini banyak,” ujarnya

Sementara itu, Wakil Rektor III, Kisbiyanto mengungkapkan bahwa mulanya kegiatan tersebut hanya diperuntukkan bagi civitas akademika.

“Mulanya kegiatan ini hanya diperuntukkan bagi civitas akademika. Akan tetapi, karena merupakan pengajian yang sifatnya dakwah kemudian para dosen, mahasiswa maupun masyarakat umum diperuntukkan untuk ikut bergabung dalam acara tersebut,” ungkapnya.

Selain itu, untuk menunggu sekaligus menyambut kehadiran Gus Muwaffiq, kegiatan ini juga dimeriahkan oleh Jam’iyyah Ad-dufuf Al-Mubarok Qudsiyyah Kudus dengan pembacaan maulid yang dipimpin oleh Gus Apank.

Para rektoriat memakai baju pramuka mengikuti HUT Racana IAIN Kudus

Ketua Dewan Racana Sunan Kudus Rabi’ah Al-Adawiyah, Hasfian Nugroho mengungkapkan bahwa pramuka yang ada di lingkup kampus dengan tingkat sekolah seperti SMP maupun SMA itu berbeda. Sedangkan pramuka untuk tingkat kampus jangkauannya jauh lebih luas.

“Kita ini sama dengan organisasi yang lainnya, akan tetapi punya ciri khas yang membedakannya yaitu dengan mengenakan seragam pramuka,”ungka Hasfian.

Tak hanya itu, Hasfian juga menambahkan sebelumnya tahun 2019, Racana juga pernah menggelar Pramuka Bersholawat yang diiringi Az-Zahir bersama Habib Bidin. Setiap tahunnya Racana berupaya selalu mengadakan kegiatan dengan nuansa nasional.

“Pramuka ingin membuktikan bahwa kegiatannya tidak hanya seputar panas-panasan saja, akan tetapi juga dapat menggelar acara semacam sholawat bersama. Hal tersebut dilakukan karena IAIN Kudus sebagai kampus islam,” ujarnya. (Hasna/adb)

Comments