Sinta Kurnia Dewi, ”Kartini Milineal” dengan Segudang Prestasi

0
191
Sinta Kurnia Dewi

SEMARANG, Suaranahdliyin.com – Di jajaran pengurus Pimpinan Wilayah Persatuan Guru Nahdlatul Ulama (PW Pergunu) Jawa Tengah, nama Sinta Kurnia Dewi bukanlah nama yang asing. Selain menjabat sebagai anggota Bidang Keorganisasian, Data dan Sistem Informasi, ia juga pendidik dengan segudang prestasi.

Lahir di Kendal, 7 Oktober 1982 lalu, putri pasangan Muchammad Tauchid dan Siti Maemonah ini menempuh pendidikan di SDN Sendang Sikucing (1995), SMPN 2 Weleri (1998), dan SMUN 1 Weleri (2001).

‘’Selanjutnya Saya studi D2 – PGTK di Fakultas Ilmu Pendidikan UNNES (2004), Sarjana Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Saya tempuh di IKIP Veteran Semarang pada 2010, dan kini tengah studi Program Magister (S2) PAUD di UNNES,’’ katanya.

Karier ”Kartini Milenial” ini sebagai pendidik (guru), sudah dimulai sejak masih duduk di bangku SMP, sekitar tahun 1995, dengan memberikan kegiatan les mata pelajaran pada anak-anak SD. Demikian juga saat ia duduk di bangku SMA.

‘’Memberikan les kepada adik kelas, anak-anak SD maupun SMP dan berlanjut hingga lulus SMA, ini untuk membantu teman-teman belajar,’’ terang istri Tri Widyaskoro yang juga ibunda dari Pradana Kidung Nirwana (Ardan) dan Kinanti Aura Nirwana (Kirana).

Memiliki motto hidup “Berilmu Amaliyah dan beramal Ilmiah”, Sinta Kurnia Dewi iki yang menjabat sebagai Kepala TK Kemala Bhayangkari 34 Kendal, ini sering menjadi narasumber dan instruktur nasional di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, Kementerian Agama RI serta di Lingkungan Pendidikan Bhayangkari, dan tercatat sebagai Tutor pada Universitas Terbuka sejak 2013.

Berbagai prestasi yang dikoleksi Asesor PAUD pada Badan Akreditasi Nasional (BAN PAUD dan PNF) yang juga alumni Short Course Australia (2015), yaitu juara II Kabupaten Pembuatan Keterampilan dari Limbah (2002), juara II Provinsi Lomba Penulisan Naskah Dongeng (2010), juara II Kabupaten Desain Batik Karnival Kategori Pesisiran (2011), dan juara I Nasional Pemuda Enterpreunership (2011).

Prestasi lain yang diraih, adalah juara II Provinsi Lomba Sandiwara Boneka (2012), juara I Nasional Guru TK berprestasi – Kemdikbud RI (2013), juara III Nasional Apresiasi GPAI TK Berprestasi – Kemenag RI (2014), Penghargaan Gubernur Jateng sebagai Insan Pendidikan Berprestasi Nasional dan Internasional Medali Emas (2013) dan Medali Perunggu (2015).

‘’Selain itu, penghargaan lain yang pernah Saya terima, yaitu Penghargaan Kapolri sebagai Guru TK Kemala Bhayangkari Berprestasi Nasional dan Internasional – PP YKB (2016), serta penghargaan Bupati Kendal Award Kategori Pegiat Pendidikan (2016),’’ tuturnya. (adb, ros, gie/ rid, luh)

Comments