Silatda, RMI Jateng Tambah Bidang RMI Putri

0
243
Ketua RMI NU jateng KH. Nur Machin menyampaikan sambutan dalam.pembukaan Silatda.di Wonosobo

WONOSOBO,Suaranahdliyin.com – Pengurus Rabithah Ma’ahid Islamiyah (RMI) Nahdlatul Ulama Jawa Tengah menggelar acara silaturrahin daerah (Silatda) yang dihadiri pengasuh pondok pesantren dan para pengurus cabang RMI se Jawa Tengah di Pondok Pesantren Al-Mubarrok, Manggisan, Wonosobo, pada Jum’at-Sabtu (1-2/3/2019).

Ketua panitia Gus Fadlullah Turmudzi mengatakan, kegiatan ini merupakan forum untuk saling mengenal antar pengurus RMI se Jawa Tengah, mengetahui siapa saja dan apa saja yang ada di RMI.

Kepada para peserta, Gus Fadl berharap bahwa kegiatan silaturrahim ini tidak berhenti pada Silatda saja. “Kami berharap kegiatan ini ada lanjutannya, yaitu silatul afkar,” ujarnya dalam sambutan pembukaan acara Silatda.

Gus Fadl juga menjelaskan bahwa pada forum Silatda ini RMI Jateng menambahkan satu bidang, yakni bidang RMI Putri, yang pada pengurus sebelumnya belum ada.

Dengan demikian, ada tujuh bidang yang menjadi pembahasan dalam forum Silatda ini. Yaitu bidang pesantren salafiyah, bidang pesantren ‘ashriyah, bidang madrasah diniyah, bidang kerjasama, bidang seni budaya, olahraga dan kompetensi, bidang mdia, data dan informasi, serta bidang RMI Putri.

Ketua RMI Jateng, KH Nur Machin mengatakan, forum ini merupakan amanat dari PWNU Jateng, untuk memperkuat peran pesantren dalam tafaqquh fiddin. Menurutnya, RMI bukanlah kepengurusan yang membawahi para kiai pondok pesantren, tetapi justru tugas RMI adalah membantu para kiai pesantren.

“RMI bukan membawahi para kiai pesantren, tapi kita sebagai pembantu para kiai di pesantren,” katanya.

Kiai Nur Machin berharap agar kegiatan ini bisa ditindaklanjuti dan mempererat hubungan dengan para pengurus RMI di tingkat Cabang.(Gigih/rid)

 

Comments