Sambut Ramadan, Lesbumi PBNU – Daulat Budaya Nusantara Gelar Kenduri Budaya di 9 Kota

0
545
Penampilan tari lima Wanda turut pentas dalam. Kenduri Budaya di Cirebon

CIREBON, Suaranahdliyin.comGuna menyambut Ramadan, Lesbumi PBNU bersama Daulat Budaya Nusantara menggelar acara bertajuk Kenduri Budaya serentak di 9 kota. Pada Sabtu (9/3/2024) kemarin di Cirebon, bersama Lesbumi Wilayah menampilkan gelaran budaya Nagari Jembar Agung.

“9 kota di sepanjang Pantura Jawa sebagai tempat Kenduri Budaya yaitu Situbondo, Sidoarjo, Lamongan, Rembang, Tuban, Pekalongan, Cirebon, Jakarta Utara dan Banten, “jelas salah satu Deklarator Daulat Budaya Nusantara Teguh Haryono di Cirebon, Sabtu (9/3/2024).

Teguh mengatakan penyelenggaraan Kenduri Budaya ini menjadi upaya yang dilakukan oleh Daulat Budaya Nusantara dan Lesbumi PBNU, untuk mengenalkan identitas nusantara yang memiliki beragam budaya. Selain itu, kegiatan ini merupakan bagian dari mengawal kemenangan Indonesia, yang sudah berhasil menyelenggarakan pesta demokrasi dengan damai.

“Inilah Indonesia, inilah Nusantara dengan beraga budaya sarat kearifan yang menjadi kekuatan kita” ujarnya

Pagelaran budaya, jelas dia, sebagai representasi budaya pesisir Nusantara. Pihaknya memang sengaja melaksanakan kegiatan tersebut menjelang masuknya bulan Ramadan.

“Karena di sejumlah wilayah di pantura, memiliki banyak tradisi menyambut bulan Ramadan,”terang Teguh. .

Grup musik meramaikan Kenduri Budaya

Ketua Lesbumi PCNU Kota Cirebon M. Iful Azka Zulkifli, mengatakan, kegiatan kenduri budaya di Kota Cirebon, mengambil tema Nagari Jembar Agung. Tema ini kata dia, dengan harapan, pasca pelaksanaan pesta demokrasi ini, warga Indonesia bisa memiliki jembar hati dan akhlak yang mulia.

“Kegiatan ini bukan hanya diisi dengan pagelaran budaya saja, namun juga diisi dengan doa bersama yang dipimpin langsung Ketua PCNU Kota Cirebon KH. Mustofa Rajid,”imbuhnya.

Sejumlah kesenian khas pantura ditampilkan dalam kegiatan tersebut, sebagai salah satu wujud pelestarian budaya pesisir pantura. Beberapa kesenian yang ditampilkan antara lain Tari Lima Wanda  Topeng Cirebon dan Tari Agung Jembar Agung, yang ditampilkan oleh para putri dari Keraton Kanoman.

Pihaknya juga berterima kasih atas dukungan yang diberikan oleh Daulat Budaya Nusantara dan Cirebon Power. Karena menurut Iful, Cirebon Power sangat mendukung kegiatan ini dari awal.

Dalam kenduri budaya di Cirebon, warga sangat antusias menyaksikan pagelaran gelaran budaya Nagari Jembar Agung.(lis/adb)

Comments