Sambut Pemudik, Sejumlah Taman di Kudus akan Dipercantik  

0
341
Salah satu taman di Kudus

KUDUS, Suaranahdliyin.com – Pemerintah Kabupaten Kudus berniat mempercantik sejumlah taman di Kudus demi menyambut para pemudik yang pulang kampung. Mengingat Idulfitri semakin dekat, Pemerintak Kabupaten (Pemkab) Kudus akan melakukan perawatan dan pembersihan di sebanyak 42 taman yang ada di Kudus.

“Alangkah baiknya, sanak saudara kita yang pulang kampung nanti bisa disambut dengan keindahan dan keasrian lingkungan di kota Kudus, kata Hendi Hendro, pemerhati lingkungan sekaligus akademisi Kabupaten Kudus, Selasa (11/4/2023).

Dia menyebut, perawatan di sejumlah taman menjelang lebaran ini memang perlu dilakukan. Menurutnya, perbaikan dapat diawali dengan membersihkan taman, mengganti lampu hias  yang sudah rusak dan memperbaiki taman-taman yang kurang terawat.

“Dengan begitu, tentu para pemudik akan memberikan kesan baik kepada pemerintah daerah dan masyarakat Kudus,” ucapnya.

Kepala Dinas Perumahan, Kawasan Pemukiman dan Lingkungan Hidup (PKPLH) Kabupaten Kudus, Abdul Halil, menyampaikan, pihaknya akan membersihkan dan merapikan taman-taman di Kabupaten Kudus untuk menyambut Lebaran.

Saat ini, pihaknya tengah fokus untuk mempercantik alun-alun simpang tujuh Kudus pasca event Dandangan bulan lalu. Sedang terkait penggantian lampu dan perawatan taman-taman secara total, Halil memrediksi baru bisa rampung usai Iduladha mendatang.

Sebab, katanya, jumlah taman di Kudus cukup banyak, sehingga memerlukan waktu yang cukup lama dalam proses pengerjaannya. “Total taman di Kudus ada 42, kalau melihat target sesuai jadwal anggaran, direncanakan setelah Iduladha baru bisa dinikmati bersama,” katanya.

Menurutnya, hal itu sudah sesuai dengan rencana yang ada. Sebab, usai proses penganggaran, masih memerlukan waktu untuk proses perencanaan dan pelaksanaan yang tidak sebentar. Pemeliharaan yang dilakukan, juga sudah sesuai dengan kebutuhan yang ada.

“Pemeliharaan taman sudah sesuai dengan kebutuhan, sudah ada dana rutinnya dan ada petugas yang membantu membersihkannya tiap hari,” imbuhnya. (sim/ ros, rid, adb)

Comments