Dukung Program Santri - Alumni Pesantren di Sekolah Umum
Pengasuh Pesantren Darus Sa’adah Lirboyo : Lanjutkan Hingga Jam’iyah di Kampung

0
1078
Ning Ida (tengah) menerima santri – Alumni Lirboyo di Brebes

BREBES,Suaranahdliyin.com –  Pengasuh Pondok Pesantren Pondok Pesantren Darus Sa’adah Lirboyo Hj Umi Sa’ adah Anwar atau yang akrab disapa Ning Ida mendukung gerakan alumni dan santri Pesantren Mubtadiat Lirboyo dalam mengajarkan ilmu pengetahuan agama di lembaga pendidikan formal pada musim liburan.

Hal itu Ia sampaikan saat menerima sampaikan menanggapi laporan dari Khulasoh didampingi Alfi Syahrini  selaku perwakilan alumni Pesantren Al-Mubtadiat sekaligus kordinator kegiatan Pesantren Ramadlan tahun 2023. Pertemuan singkat itu berlangusng di  kediaman Hj Munjaziroh komplek res area rumah makan Kita Exit Tol  Pejagan, Brebes Ahad (2/7/2023).

Sebagaimana diberitakan, sejumlah alumni santri pondok pesantren Lirboyo mengadakan pesantren Ramadan pada bulan puasa 1444 H kemarin di lembaga Pendidikan formal. Mereka mengisi kegiatan dengan menyampaikan kajian-kajian ilmu agama kepada peserta didik di Sekolah umum.

Menurut perempuan yang akarab disapa Ning Ida, program kegiatan tersebut sudah berlangsung di bberbagai daerah termasuk di wilayah kota Kediri.

“Oleh karena itu program kegiatan yang baik ini untuk santri putri pada saat liburan  agar terus dilanjutkan,”ujarnya.

Ning Ida mengharapkan para alumni tidak hanya menyebarkan pada lembaga pendidikan formal tetapi juga masuk pada jam’ iyah di kampung kampung.

“Kita berikan pemahaman tentang tahjizul mayit dan ubudiyah yang lainya,”harapnnya.

Secara terpisah,  Wakil Ketua Lembaga Ta’lif wan Nashr Nahdlatul Ulama (LTNNU) BBrebes Akhmad Sururi memberikan dukungan senada. Menurutnya, kehadiran komunitas Pesantren Salaf  pada lembaga pendidikan  formal sangat penting lantaran materi pengetahuan agama Islam sangat banyak  tetapi jam tatap muka untuk mapel Pendidikan Agama Islam (PAI) sangat sedikit dalam satu minggu.

“Oleh karena itu melalui kegiatan Pesantren Ramadan kemarin sangat bermanfaat untuk pendalaman dan pemahaman ilmu agama Islam.”ungkapnya..(adb/ros)

Comments