Pemasangan Kap dan Ucap Janji Profesi Calon Bidan Akbid Muslimat

0
2804
Para calon bidan dari Akbid Muslimat NU Kudus foto bersama para dosen usai pemasangan kap dan pengucapan sumpah profesi.

KUDUS, Suaranahdliyin.com – Akademi Kebidanan (Akbid) Muslimat NU Kabupaten Kudus, menggelar pemasangan kap dan ucap janji profesi bagi sembilan calon bidan, di kampus Akbid Jalan Lambao Bae Kudus,Sabtu (24/2/2018) lalu.

Dr. Hj. Darningsih S.SiT, MH., direktur Akbid Muslimat NU Kudus dalam sambutannya mengatakan, kuantitas bukanlah sebuah permasalahan. ‘’Kami konsentrasi pada peningkatan kualitas agar kemampuan (skill)-nya tidak kalah dengan lulusan Akbid lain,’’ katanya.

Darningsih menjelaskan, Akbid Muslimat yang dipimpinnya, ini juga meiliki ciri khas yang religius, seperti membaca basmalah sebelum menyuntik pasien dan panduan azan saat membantu persalinan.

Tak sekadar itu, pengajaran di Akbid Muslimat NU diibaratkan seperti pisau yang semakin sering diasah, maka akan kian semakin tajam. ‘’Waktu perkuliahan hanya tiga tahun dan banyaknya tugas praktik. Ini juga yang membuat para mahasiswa Akbid Muslimat NU Kudus yang dirindukan dan dinanti masyarakat,’’ paparnya.

Pengurus BPPMNU Az-Zahra, Didik Murtoko MM, dalam paparannya menuturkan, support  bathiniyyah orang tua kepada anaknya sangatlah penting, agar sukses dalam studi dan masa depan.

‘’Dengan demikian, maka anak akan mikul dhuwur mendhem jero (anak akan menjunjung tinggi derajat orang tuanya dan menutupi segala kekurangannya ),’’ tuturnya dalam acara yang dihadiri wali mahasiswa serta pihak PCNU Kabupaten Kudus berikut Badan Otonom (Banom). (amrita syifa/ ros)

 

Comments