Pameran Budaya, Siswa Siswi MANU Hasyim Asy’ari 2 Kudus Tampilkan Ragam Kearifan Lokal Daerah di Indonesia

0
1228
Para siswa siswi sedang tampil dengan pakaian khas daerah di Indonesia

KUDUS, Suaranahdliyin.com Dalam rangka Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Profil Pelajar Rahmatan Lil Alamin (P5P2RA), Madrasah Aliyah Nahdlatul Ulama (MANU) Hasyim Asy’ari 2 Karangmalang Gebog Kudus menggelar Pameran Budaya, Ahad – Selasa (9-11/6/2024). Bertempat di aula madrasah, para siswa siswi menampilkan kreatifitas berupa ragam kearifan lokal di Indonesia.

Pameran ini menampilkan berbagai aspek kearifan lokal yang ada di Indonesia, seperti baju adat, masakan, tarian, lagu, permainan, seni tradisi dan rumah adat. Proyek ini melibatkan siswa dalam empat tahapan penting: Temukan, Bayangkan, Lakukan, dan Bagikan.

“Pada tanggal 9 sampi 11 juni 2024, anak-anak membagikan hasil proyek yang telah mereka lakukan, memperkuat semangat persatuan dan keragaman di antara mereka.”jelas Kepala MA NU Hasyim Asy’ari 2 Imron Rosyidi.

Dalam kesempatan itu, Imron Rosyidi, mengutarakan pentingnya Pameran Budaya P5P2RA Kurikulum Merdeka sebagai wadah untuk menggali potensi kreatif siswa dan mempromosikan nilai-nilai kebhinekaan dalam pendidikan.

“Melalui P5P2RA dan ajang kreatifitas siswa di dalam kebudayaan terutama budaya Indonesia, kita dapat membangun karakter siswa yang kuat dan mengembangkan pemahaman mereka tentang beragam budaya di Indonesia,”ujarnya.

Berbagai kreasi ditampilkan dalam stand pameran. Diantaranya, makanan khas daerah Sumatera, Bali, Kalimantan Timur, Jawa Tengah, Jawa Barat dan Jawa Timur.

Pada Senin (10/6/2024), anak-anak juga menampilkan lagu-lagu daerah seperi Cublak-cublak suweng (Jateng), Rek kayo rek (Jatim) Manuk dadali (Jabar), Kalimatan Timur Indung – indung, kampuang nan jauh dimato (Sumatera) dan lagu Majagera dari Bali, “

Sementara Selasa (11/6/2024) penampilan seni tradisi Jawa tengah dengan Tradisi tedak siten, Jawa Timur Tradisi legenda desa widodaren, Jawa Barat Tradisi ruwat bumi, Kalimatan Timur X-2 Tradisi adat Belian, Sumatra Tradisi Turun mandi.

Acara tersebut dihadiri oleh beberapa Pengurus Madrasah, wakil kepala madrasah dan dewan guru beserta staf tenaga pendidikan MA Nahdlatul Ulama Hasyim Asy’ari 2.(venty/adb)

Comments