Malam Ini, 20 Group Pastikan Ikuti Festival Terbang Papat

0
125
Festival Terbang Papat Rabu malam nanti kembali digelar di desa Padurenan

KUDUS,Suaranahdliyin.com – Sebanyak 20 group dipastikan mengikuti Festival Terbang Papat di Desa Padurenan Kecamatan Gebog, Rabu malam (5/12/2018) nanti. Dalam rangkaian acara Gebyar Maulidan Jawiyan ini, Mereka akan menampilkan kebolehan menabuh terbang jidur seraya sholawatan.

Ketua Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) H. A. Wafiy Baq mengatakan 20 group ini telah terdaftar menjadi peserta Festival Terbang Papat. Mereka ini merupakan perwakilan dari desa-desa se kecamatan Gebog.

“Hingga Rabu (hari ini), 20 group ini menyatakan siap tampil menyemarakkan Festival Terbang Papat.Bahkan, nanti malam gabungan kepala desa se Gebog akan ikut tampil nabuh terbang juga,”ujarnya.

Ia menambahkan Festifal ini merupakan rangkaian kegiatan gebyar Maulidan Jawiyan yang telah rutin diadakan tiap tahun. Tujuannya, untuk melestarikan seni tradisi terbang papat supaya tidak punah.

“Disamping mengenalkan Maulidan jawiyan sebagai budaya khas Padurenan, kami juga mendorong terbang papat tetap lestari,”imbuh Wafiy yang juga penyelenggara Gebyar Maulidan Jawiyan.

Ketua Forum Komunikasi Terbang Papat (FKTP) Kecamatan Gebog Ulil Abror menyambut baik pelaksanaan festival di Padurenan. Menurutnya, festival ini mampu sebagai upaya menjaga seni tradisi terbang papat.

“Adanya kegiatan semacam ini bisa menguatkan semangat para penerbang untuk ‘uri-uri’ tradisi jawa,”katanya.

Ia menambahkan keberadaan terbang papat di semua desa masih tetap eksis. Bahkan beberapa desa terdapat 2-3 jamiyah terbang papat.

“FKTP tetap berupaya jamiyah-jamiyah terbang papat tumbuh dan lestari, termasuk lahir generasi –generasi baru yang cinta seni tradisi jawa ini. Kami semua tetap semangat,Mari terbangan sambil membaca sholawat akan menuai syafaat,”tandas Ulil.(adb/ros).

Comments