Laporan Keuangan Jadi Dasar Nishab Zakat UMKM

0
445
Kaprodi Ekonomi Islam Unisnu Jepara Aan Zainul Anwar

JEPARA,Suaranahdliyin.com –  Pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) seharusnya memiliki laporan keuangan sederhana. Karena, hal itu akan menjadi dasar menghitung jumlah harta yang harus dizakati (nishab).

Demikian yang disampaikan kepala Prodi Ekonomi Islam Unisnu Jepara Aan Zainul Anwar dalam pelatihan manajemen Zakat UMKM di desa Kelet Kecamatan Keling Kabupaten Jepara.Sabtu (15/9/2018).

Aan mengatakan UMKM yang dilakukan oleh masyarakat muslim menjadi salah satu objek zakat. Zakat UMKM atau zakat atas usaha termasuk kedalam zakat perniagaan atau perdagangan.

“Syarat utama bagi pelaku UMKM dalam mengeluarkan zakat adalah mengetahui jumlah besaran zakat yang dikeluarkan. Maka, pelaku UMKM memiliki laporan keuangan sederhana adalah kewajiban,“ujarnya.

Laporan keuangan UMKM itu,menurut dia, minimal perhitungan laba rugi sebagai dasar menghitung nishab zakat. “Jika sudah sampai nishob dan setahun, maka wajib mengeluarkan sesuai dengan kadarnya, yaitu 2,5 persen” terangnya.

Ditegaskan, mengeluarkan zakat usaha tidak dapat atas dasar asumsi atau kira-kira. Artinya uang yang dikeluarkan untuk zakat minimal harus sesuai dengan harta yang diwajibkan.

“jika kurang, tentu tidak diperbolehkan, namun jika lebih tentu lebih baik,” imbuh Aan.

Diakhir kegiatan, 20 peserta diajak simulasi penyusunan laporan keuangan laba rugi bulanan dan rekap laba rugi tahunan sekaligus praktik menghitung zakat yang harus di keluarkan. Termasuk juga mengecek harga emas terkini sebagai ukuran nishab.

“Zakat pernigaan atau usaha ukuran nishobnya adalah 85 gram emas. Adapun cara menghitungnya adalah (Modal+Keuntungan+Piutang)  – (Hutang+Kerugian) x 2,5%. “jelas Aan.

Pelatihan ini menjadi program Kuliah Kerja Nyata  (KKN)Unisnu priode 2 tahun 2018 yang mengangkat tema Penguatan Ekonomi Kreatif Berbasis Unggulan Desa. Desa Kelet sendiri adalah desa ujung timur laut kabupaten Jepara yang berbatasan dengan desa Cluwak Kabupaten Pati.(adb/ros)

Comments