Kirab Oncor Meriahkan Tahun Baru Islam

0
373
Warga membawa oncor menyambut Tahun Baru Islam 1445 Hijriyah

REMBANG, Suaranahdliyin.com – Banyak masyarakat yang melakukan acara-acara tertentu dalam rangka menyambut tahun baru Islam. Seperti yang dilakukan masyarakat desa Timbrangan kecamatan Gunem kabupaten Rembang yang memeriahkan dengan kirab Oncor,Rabu malam (19/7/2023).

Mereka ikut serta mengelilingi desa dengan membawa Oncor yang diiringi dengan bersholawat. Acara ini difasilitasi oleh pemerintah desa, banom-banom NU yang ada dimasyarakat, serta lembaga-lembaga pendidikan madrasah.

“Pesertanya ada ibu-ibu muslimat, fatayat, IPNU-IPPNU, gerakan Ansor, Banser, dan anak-anak warga desa Timbrangan,”ujar salah satu panitia Zaenal Abidin.

Abidin menjelaskan kirab penyalaan Oncor dengan bersholawat sudah ada sejak dulu setiap akan menyambut tahun baru Hijriah dengan tujuan memeriahkan 1 Muharram ini. Acara ini selalu dilaksanakan dengan do’a bersama terlebih dahulu dengan harapan ditahun baru akan menjadi awal yang baik.

“Desa dipenuhi dengan kemakmuran, dijauhkan dari bencana, desa Timbrangan ini agar selalu menjaga kerukunan,” lanjutnya. (Mufidatul Azizah, mahasiswa PPL Prodi Komunikasi dan Penyiaran IAIN Kudus) 

Comments