Kiai Muda Ansor Pasuruhan Kidul Terangkan Tiga Tingkatan dalam Puasa

0
712
Kiai muda Sri Joyo Barokah mengisi acara safari Ramadan Ansor Pasuruhan Kidul Jati

KUDUS, Suaranahdliyin.com – Pimpinan Ranting (PR) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Pasuruhan Kidul menggelar acara safari Ramadan program kerja Rijalul Ansor di kediaman Ketua Anton, Ahad (24/03/2024). Acara safari Ramadhan dihadiri Kiai muda Ansor Pasuruhan Kidul Sri Joyo arokah.

Pada kesempatan itu, Kiai Joyo Barokah yang menerangkan tentang 3 (tiga) tingkatan dalam berpuasa.

“Dijelaskan dalam kitab Risalah Syiam, ada 3 tingkatan ibadah puasa di bulan Ramadan yakni puasanya orang awam, puasanya orang sholeh, dan puasanya Shidiqin”ungkapnya.

Ia juga menjelaskan tingkatan pertama untuk orang pada umumnya menahan diri dari tidak makan minum dan jima’, tingkat kedua ditambahkan dengan menghindari maksiat. Kemudian di tingkatan ketiga meninggalkan urusan dunia hanya berfokus kepada Allah SWT.

“Bulan Ramadan ini, apakah kita sudah naik level atau masih begitu saja?,” ujar Joyo Barokah menanyai jamaah yang hadir.

“Semoga dengan penjelasan ini, kita dapat menaikkan tingkatan berpuasa kita di Bulan Ramadhan tahun ini dan seterusnya”harap Kyai muda ini.

Acara ini diselenggarakan sebagai penguat silaturahim kekeluargaan pengurus dan anggota PR GP Ansor Pasuruhan Kidul sekaligus menjaga kekompakan selama khidmah pada organisasi. (Choirul/adb)

Comments