Kerja Sama dengan RJI untuk Tingkatan Kualitas Jurnal

0
1327
Foto bersama Rektor dan LPPM UMK bersama perwakilan RJI usai penandatanganan kerja sama.

KUDUS, Suaranahdliyin.com – Universitas Muria Kudus (UMK) menargetkan, setiap Program Studi (Prodi) yang ada di lingkungan Kampus UMK, memiliki jurnal ilmiah, yang dalam dua tahun ke depan, harus sudah terakreditasi.

Pernyataan itu disampaikan kepala Lembaga Penelitian dan Pengabdian Pada Masyarakat (LPPM) UMK, Dr. Mamik Indaryani MS., usai penandatanganan kerja sama antara UMK dengan Relawan Jurnal Indonesia (RJI), Sabtu (5/5/2018) lalu.

Penandatanganan kerja sama antara UMK dan RJI itu dilakukan di Lantai II Ruang Rapat Yayasan di Gedung Rektorat oleh Rektor UMK Dr. Suparnyo SH. MS dan koordinator Pusat RJI, Andri Putra Kesmawan M.IP

‘’Tujuan kerja sama dengan RJI ini, untuk meningkatkan jumlah jurnal di UMK dan sekaligus meningkatkan kualitas jurnal terakreditasi,’’ ujar Dr. Mamik Indaryani.

Dia menegaskan, setiap Prodi harus punya jurnal. ‘’Targetnya, dalam dua tahun ke depan, jurnal-jurnal di masing-masing Prodi harus sudah terakreditasi,’’ katanya sembari mengatakan pihaknya akan mengundang para pakar untuk berkontribusi dalam jurnal-jurnal yang diterbitkan di UMK.

Dr. Suparnyo, mengutarakan, hingga kini, baru satu jurnal dari Prodi Bimbingan dan Konseling (BK) yang sudah terakreditasi. Ia berharap Prodi lain segera menyusul, yakni jurnalnya bisa segera terakreditasi. ‘’Jurnal ilmiah sangat penting bagi sebuah universitas, karena menjadi salah satu indikator reputasi perguruan tinggi,’’ ujarnya.

Ditambahkannya, jurnal di setiap unsur, sangat tergantung dari pengelolanya dan harus ditopang dengan penelitian dosen. ‘’Trend saat ini, jurnal ilmiah tidak hanya dipublikasikan dalam bentuk cetak, juga diterbitkan secara online. Penerbitan jurnal secara daring, bisa lebih cepat diakses, dan dari sisi biaya juga lebih murah,’’ ungkapnya. (luh, dho/ adb, ros)

 

Comments