Kagumi Gus Dur

0
125
Purnama (mengenakan kaus) bersama Pemimpin Umum Suaranahdliyin.com, Qomarul Adib .

KUDUS, Suaranahdliyin.com – Salah satu tokoh dari kalangan santri dan pesantren yang sangat dikenal di Indonesia, adalah KH. Abdurrahman Wahid yang biasa disapa Gus Dur. Bukan lantaran karena ia pernah menjabat ketua PBNU dan Presiden RI, tetapi karena sikap hidupnya yang bersahaja, kecerdasannya, dan kepeduliannya kepada sesama.

Tak pelak, kendati sudah sekian lama wafat, nama Gus Dur pun selalu dikenang. Tidak hanya dari kalangan santri dan pesantren, juga dari kalangan Tionghoa yang merasa saat menjabat Presiden RI, Gus Dur telah berjasa besar bagi kebebasan beragama warga Tionghoa.

Purnama (55), warga kelahiran Kediri yang tinggal di Kabupaten Kudus sejak 2009 lalu. Baginya, Gus Dur adalah sosok yang sangat bersahaja, suka ngomong apa adanya. ‘’Saya kagum (dengan Gus Dur). Dia bisa merukunkan semua golongan,’’ katanya dalam sebuah perbincangan bersama Suaranahdliyin.com, di sebuah warung kecil dekat Kantor NU Kudus, Senin (22/10/2018).

Dia pun menegaskan, bahwa Presiden yang paling berkesan baginya adalah Gus Dur. ‘’Gus Dur kalau omong apa adanya. Saya paling salut sama Presiden Indonesia, ya, sama Gus Dur. Selain itu, beliau adalah sosok yang pemberani. Negur Jenderal saja, berani. Dulu, siapa yang berani?’’ papar Purnama yang tinggal di Gang 1 Kudus.

Dalam pandangan Purnama, Gus Dur adalah sosok yang sangat pluralis. ‘’Manusia semua itu sama. Istilahnya, kalau makan sambal, ya, pada pedese. Wong kuwi pada ae, cuma adate yang berbeda,’’ katanya yang pada libur Lebaran tahun 2017 mengaku foto di samping ”potret” Gus Dur tersebut di Legend star Area Jatim Park 3 Malang lantaran kekagumannya yang demikian besar terhadap cucu KH.Hasyim Asy’ari ini. (ros, gie, luh/ rid, mail, lam)

 

Comments