Kader IPNU-IPPNU Harus Pahami Mabadi’ Khoira Ummah

0
205
kemah Kebangsaan dan gelar kebudayaan yang diadakan CBP-KPP Jepara

JEPARA,Suaranahdliyin.com – Melalui kegiatan-kegiatan positif seperti kemah kebangsaan dan gelar kebudayaan ini , kader IPNU IPPNU harus bisa memahami salah satu tujuan didirikannya Nahdlatul Ulama yaitu Mabadi’ khoira ummah.

Hal ini disampaikan oleh wakil ketua PCNU Jepara K. Ahmad Hilaludin, S.H. dalam kegiatan kemah kebangsaan dan gelar kebudayaan yang diselenggarakan DKC CBP IPNU dan KPP IPPNU kabupaten Jepara di MTs MIftahul Huda Bulungan Pakis Aji Jepara pada ahad (6/10/19) malam.

Dalam kesempatan itu hadir juga Plt Bupati Jepara, H. Dian Kristiandi, Direktur pascasarjana Unisnu, Dr. H. Barowi, Kasatbimnas Polres Jepara, kepala MTs Miftahul Huda Bulungan M. Rodhi, M.Pd., dan ratusan kader IPNU IPPNU Sekabupaten Jepara.

Lebih lanjut, K.Ahmad Hilaludin menjelaskan, lima prinsip mabadi khoira ummah harus dipahami dan diaplikasikan oleh kader IPNU IPPNU. “Pertama Assdiqu, kejujuran atau transparan. Apa yang dikatakan dan diperbuat harus sama,” katanya.

Kemudian yang kedua adalah al amanah, dapat dipercaya. “Jadilah kader yang dapat dipercaya. Kalian jadi pengurus IPNU IPPNU merupakan amanah, maka dari itu kalian harus bisa menjadi pengurus yang baik, sehingga bisa memberi manfaat untuk orang banyak,” tambah K.Hilaludin.

Yang ketiga adalah al-adalah, adil. artinya adil terhadap diri sendiri maupun kepada orang lain. “Tidak memandang teman atau musuh, kalau memang salah ya bilang salah,” tegasnya.

Prinsip khoiro umma h selanjutnya adaah at taawun ( tolong menolong) . Kita harus saling membantu satu sama lain. “Sifat ta’awun harus kita tanamkan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Mana kita berhadapn dengan siapapun, kita harus saling tolong menolong,” terangnya.

Yang terakhir adalah al istiqomah. ketika memiliki prilaku dan pendapat yang baik, maka harus kita pertahankan. “Selama kader IPNU IPPNU istiqomah melakukan kegiatan positif seperti ini, insya’allah NU dan bangsa Indonesia kedepan sakan emakin baik,” tandas K.Hilal. (Wafa/adb)

Comments