IBTS Salatiga Jajaki Kerja Sama dengan Pondok Pesantren Yanbu’ul Quran Kudus

0
517
Rombongan IBTS Salatiga saat beraudiensi dengan Dewan Penasihat Yayasan Arwaniyyah Kudus KH Mc Ulinnuha Arwani

KUDUS, Suaranahdliyin.comIslamic Boarding Tahfidz School (IBTS) Salatiga melakukan kunjungan ke kediaman Dewan Penasihat Yayasan Arwaniyyah Kudus, KH Mc Ulinnuha Arwani di Kelurahan Kajeksan, Kecamatan Kota, Kudus pada Selasa (30/1/2024).

Pada kesempatan itu, jajaran Pesantren IBTS Salatiga dipimpin langsung Direktur Boarding Ahmad Amirudin. Tujuan kunjungan itu, tidak lain ingin mengadopsi pembelajaran atau metode menghafal Al-Quran ala Yanbu’ul Quran Kudus untuk diterapkan di IBTS Salatiga.

“Tadi, alhamdulillah diterima langsung Buya Ulinnuha Arwani. Tujuan, sowan ingin adopsi pola menghafal Al-Quran metode Yanbua. Kemudian, menjajaki peluang kerjasama langsung dengan Yanbu’ul Quran Kudus,” terangnya.

Dia mengatakan, Pesantren IBTS Salatiga selama ini telah menjalankan program hafalan kitab suci. Hanya saja, prosesnya masih kurang maksimal. Sehingga, metode Yanbua yang sudah teruji selama 75 tahun dapat diterapkan.

Lulusan Pondok Pesantren Yanbu’ul Quran Kudus itu mengaku, Pesantren IBTS baru berdiri sekira 1,5 tahun. Kemudian, selain fasilitas pesantren juga dilengkapi sekolah formal mulai jenjang SMP dan SMA.

“Selain sowan, mohon doa restu agenda hari ini juga melihat langsung bersama pengurus Yayasan Karantina Tahfidz Salatiga pondok Yanbuul Quran dari tingkat anak-anak, remaja, dan dewasa,” ujarnya.

KH Mc Ulinnuha Arwani, menyambut baik kedatangan rombongan Pesantren IBTS Salatiga. Disampaikan juga, bahwa peluang kerja sama dalam pengelolaan pesantren khusus penghafal Al-Quran, sangat terbuka.

Pengasuh Pondok Tahfidh Yanbu’ul Qur’an Kudus itu mengemukakan, bahwa dalam membesarkan ilmu Al-Quran agar tidak tanggung-tanggung. Selama diawali niat dan proses yang baik, maka sistem seperti Yanbu’ul Quran dan metode Yanbua boleh saja diadopsi.

“Jangan lupa mengawali setiap proses dengan memperbanyak bacaan surah Al-Fatihah. Karena, itu (surah) keutamaannya banyak, satu di antaranya saat memiliki hajat (kepentingan) seperti adopsi kurikulum di sini, atau apapun,” pesannya didampingi KH Ahmad Nasih dan KH Syaeun Adhim. (ris/ ros, rid, adb)

Comments