IAIN Kudus Rilis Buku “Praksis Moderasi Beragama Lintas Budaya”

0
485
Prof Dr Ahmad Rofiq (kiri) menerima buku dari Dr H Nur Said didampingi Drs KH Nur Badi MM (ketua Baznas Kabupaten Kudus 2023 – 2028)

KUDUS, Suaranahdliyin.com – Sebuah buku menarik bertemakan moderasi beragama, belum lama ini dirilis oleh Perpustakaan IAIN Kudus didukung oleh IAIN Kudus, bekerja sama dengan Yayasan Prisma Quranuna Indonesia (YAPQI) dan Lakpesdam NU Kabupaten Kudus.

Buku berjudul “Praksis Moderasi Beragama Lintas Budaya: Dari Sunan Kudus hingga Kearifan Papua” tersebut ditulis oleh Dr H Nur Said bersama para penulis lain dari berbagai instansi atau lembaga.

Dr H Nur Said, mengutarakan, bahwa buku ini setidaknya memuat sekira 32 tulisan yang terangkum dalam buku yang dirilis di Hall Perpustakaan IAIN Kudus, belum lama ini.

“Selain 32 tulisan dari para penulis lintas instansi/ lembaga, juga dilengkapi dengan pengantar dari Rektor IAIN Kudus dan ketua PCNU Kabupaten Kudus, prolog oleh Prof Dr Ahmad Rofiq MA (guru besar UIN Walisongo Semarang), epilog oleh Prof Dr Franz Magnis-Suseno dari STF Driyarkara Jakarta,” katanya.

Selain itu, lanjut Nur Said, ada sekapur sirih yang ditulis oleh Dr Mahrus el-Mawa (Kepala Subdirektorat Pendidikan Diniyah dan Mahad Aly pada Direktorat Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren Dirjen Pendidikan Islam Kemenag RI).

Sedang para penulis buku, di antaranya Prof Dr H Mudzakir, Prof Dr H Ihsan MAg, Dr Abdul Djalil MEI, Saniman El-Kudusi, Dr KH Sofiyan Hadi, Hj Eni Misdayani SAg MM, Dr H Kisbiyanto dan Prof Dr Syamsul Maarif.

Sementara itu, lahirnya buku ini merupakan salah satu manifestasi menyambut 100 tahun Nahdlatul Ulama (NU). “Ekspresi menyambut 100 tahun NU, antara lain ditandai dengan menerbitkan buku dan karya-karya ilmiah, termasuk buku Praksis Moderasi Beragama Lintas Buday aini,” ujarnya. (ros/ rid, adb, mail)

 

 

 

Comments