Habib Ali Sampaikan Wasiat Ayahanda Habib Syech Assegaf, Makmurkan Masjid dan Majelis Ilmu

0
542
Habib Ali bin Hasan Al-Habsy

SURAKARTA, Suaranahdliyin.com – Ribuan jamaah memadati kompleks Masjid Jami’ Assegaff, Pasar Kliwon, Surakarta untuk memperingati haul ayahanda Habib Syech, yakni Habib Abdul Qadir Assegaf, Ahad (03/03/24). Seperti diketahui bersama Ayahanda Habib Syech merupakan salah seorang waliyullah yang wafat pada sujud terakhir salat jum’at dalam posisinya sebagai imam.

Pada kesempatan itu pula dibacakan beberapa wasiat Habib Abdul Qadir kepada keluarga besarnya dan murid-muridnya oleh Habib Ali bin Hasan Al-Habsy dihadapan jamaah.

“Aku mengharapkan kalian mendengarkan dengan khusyuk untuk kebaikan kalian, dikarenakan aku mencintai kalian semua. Ingatlah bahwa kenikmatan di akhirat adalah kenikmatan yang abadi,” ujar Habib Ali bin Hasan Al-Habsy membacakan wasiat Habib Abdul Qadir Assegaff yang ditulis pada secarik kertas.

Habib Ali menjelaskan wasiat tersebut dimaksudkan agar jamaah yang hadir bisa mendapatkan kenikmatan abadi di sisi Allah Ta’ala. Yaitu dengan cara mengutamakan kepentingan akhirat daripada dunia. “Dunia itu mengikuti daripada akhirat, bukan akhirat yang mengikuti dunia,” ucapnya.

Habib Ali menambahkan, kecintaan kita kepada Allah dan Rasulullah yang harus kita utamakan. Dengannya kita akan diberikan jalan keluar atas segala masalah duniawi. Sebaliknya, jika kita mengutamakan dunia, maka Allah Ta’ala akan memberikan lebih banyak masalah hingga kita kerepotan menerimanya.

Wasiat selanjutnya, yakni berjalanlah pada jalurnya salafusshalih agar bahagia dunia dan akhirat. Jika kita mau mengikuti ajaran para salafunasshalih kita akan mendapatkan banyak kebaikan dan kebahagiaan.

“Jangan kita mencari solusi dari orang-orang yang tidak memiliki keterikatan dengan Allah Ta’ala. Tapi carilah solusi, pengajaran dan bimbingan dari para salafunasshalih agar bahagia dunia dan akhirat,” ujar Habib Ali.

Selanjutnya, wasiat yang didapatkan dari guru dan orang tua beliau, yakni Habib Abu Bakar Assegaff. Makmurkanlah masjid secara dzahir, maka kami akan memakmurkan batinmu agar bahagia dunia dan akhirat.

Semenjak itu yang diperhatikan oleh Habib Abdul Qadir Assegaf adalah masjid. Memakmurkan Masjid dengan majelis-majelis ilmu, salat berjamaah dan bahkan melakukan perluasan masjid.

“Sebagai buktinya beliau dicintai Allah Ta’ala dari memakmurkan masjid itu beliau diwafatkan dalam keadaan yang baik, saat mengimami salat di masjid ini pula,” tuturnya.

Wasiat lain, didiklah anak-anak dengan sebaik-baiknya pendidikan yang mengutamakan kepentingan Allah Ta’ala dan Rasul-Nya dibandingkan apapun. Dan, kelak jika aku sudah wafat jangan sampai kalian melenceng dari jalan yang telah aku ajarkan kepada kalian semua.

“Dari semua wasiatnya itu, memakmurkan masjid adalah tugas utama yang beliau lakukan dengan sungguh-sungguh,” ujar Habib Ali.

Karena dengan memakmurkan masjid itu, imbuh Habib Ali, beliau bisa taat kepada Allah dan Rasulullah, menjalankan ajaran para salafunasshalih dan mendidik anak-anak sesuai dengan ajaran para salafunasshalih.

Habib Ali bin Hasan Al-Habsy kemudian mengajak kepada jamaah yang hadir untuk berdoa. Hadir pula pada kesempatan itu Habib Syech bin Abdul Qadir Assegaf, Habib Abdullah bin Abdul Qadir Assegaf, Habib Abdurrahman bin Abdul Qadir Assegaf. (rid, gie/ ros, adb)

Comments