Gus Yusuf Berharap TNI/ Polri Bentuk Patroli Pencari Warga yang Lapar

0
791
KH Yusuf Chudlori bersama Polda Jateng, serah terima Bantuan Beras dalam rangka PPKM Darurat, Rabu (21/7/2021). Foto: istimewa

SEMARANG, Suaranahdliyin.com – Pengasuh Pondok Pesantren API Syubbanul Wathon Tegalrejo, Magelang, KH M Yusuf Chudlori (Gus Yusuf) berharap ada tim patroli yang bergerak ke kampung-kampung mencari warga yang lapar.

Dia mengutarakan hal itu dalam serah terima Bantuan Beras dalam rangka PPKM Darurat di Jawa Tengah bersama Polda Jawa Tengah, di Magelang, Rabu (21/7/2021).

Hadir dalam acara itu, mewakili Kapolda, Irwasda Polda Jateng Kombes Mashudi, Kapolres Magelang AKBP Ronald A P, Dandim Letkol Rohmadi, dan Wakil Ketua DPRD Jateng H Sukirman

Gus Yusuf, menyampaikan, ada fenomena terutama terjadi di kota-kota, khususnya yang menimpa warga perantauan. “Karena mereka tidak terdaftar di RT tempat tinggalnya, dan juga mungkin tidak punya saudara dan tetangga. Kemudian mereka terdampak secara ekonomi akibat pandemi, akhirnya telantar. Ada yang sempat minta ke saya, dia tidak punya beras sama sekali. Bayangkan, ada warga yang tidak berani meminta atau menginformasikan kondisinya,” ujarnya.

Maka ia pun berharap agar TNI/ Polri membentuk tim yang bertugas mencari warga yang lapar. “Tim ini bertugas patroli untuk ke kampung-kampung, mengecek ada warga yang kelaparan dan telantar atau tidak. Pasti ada juga warga yang tidak berani melapor atau tidak punya akses ke siapapun. Inilah yang harus dicari,” tegasnya.

TNI/Polri ini, lanjutnya, adalah perangkat negara yang paling lengkap sampai tingkat bawah. Tingkat disiplinnya juga tinggi. Harapannya, setiap anggota TNI/Polri dalam menjaga kamtibmas, sekaligus berpatroli mencari warga yang kelaparan. Ini sejalan dengan anjuran Presiden Jokowi, bahwa harus ada percepatan pemberian bansos ke masyarakat.

Berkaca pada riwayat Sayyidina Umar, bahwa pemimpin itu jangan tidur dulu sebelum rakyatnya tidur. “Sayyidina Umar dulu selalu keliling tiap malam, memastikan umatnya yang belum makan. InsyaAllah kalau ini dilakukan, berkah, manfaat dan kita semua selamat,” tandasnya. (*/ adb, ros, rid)

Comments