Gus Rozin: Pesantren Benteng NKRI dalam Melawan Intoleransi

0
366
KH Abdul Ghaffar Rozin/ Foto: istimewa

PATI, Suaranahdliyin.com – Keberadaan Pondok Pesantren (Ponpes) di tanah air, sangat penting artinya. Selain sebagai ruang (lembaga) transfer ilmu-ilmu salaf, menyiapkan kader bangsa yang cerdas dan berakhlak karimah.

Selain itu, Ponpes yang banyak berdiri di berbagai belahan bumi Indonesia, juga merupakan salah satu benteng Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dalam melawan intoleransi, ekstremesime dan radikalisme.

Pandangan demikian disampaikan oleh KH A Ghoffar Rozin (Gus Rozin), mantan ketua umum Pimpinan Pusat Rabhithah Ma’ahid Islamiyyah (PP RMI) PBNU, sebagaimana dikutip Suaranahdliyin.com dari akun @gusrozindotid pada Jum’at (22/9/2023).

“Pesantren (itu) benteng NKRI dalam melawan intoleransi, ekstremesime dan radikalisme,” tegas Gus Rozin.  “Penguatan karakter dan sikap tawasuth, menjadi gerbang awal perjalanan menjaga NKRI,” lanjutnya.

Menurut Gus Rozin, keberadaan pondok-pondok pesantren dari dulu hingga sekarang, juga konsisten mengajarkan (menyebarkan) paham ahlussunnah wal jama’ah dan penguatan karakter moderat. “Ponpes menyemai dan menyebarkan pagam ahlussunnah wal jama’ah dan penguatan karakter moderat dai berbagai level, khususnya di Jawa Tengah,” tuturnya. (ros/ rid, adb, gie)

Comments