Gus Mus : Kesederhanaan Adalah Kunci Adil dan Istiqomah

0
366
KH Musthofa Bisri

KUDUS,Suaranahdliyin.com – Perilaku yang sederhana akan membawa manusia kepada sikap yang adil dan istiqomah. Demikian itu disampaikan oleh Mustasyar PBNU KH. Musthofa Bisri (Gus Mus) dalam peringatan Haul ke-9 KH. Ma’ruf Irsyad di Masjid Kaujan Jagalan, Langgardalrm Kudus, Senin malam (15/04/19).

“Kiai Ma’ruf ini bisa istiqomah, karena hidupnya sederhana,” tutur Gus Mus.

Menurut Gus Mus dengan kesederhanaan manusia akan lebih bisa menilai sesuatu secara adil dan benar. Alasannya sebab orang yang hidupnya sederhana tidak terikat pada segala sesuatu dan tidak butuh sesuatu. Sikap seperti itu lah yang sesunggguhnya diterapkan oleh Nabi Muhammad SAW dalam hidup.

“Kiai-kiai yang istiqomah seperti Kiai Ma’ruf ini sederhananya meniru Nabi Muhammad, begitu pula cara dakwahnya,” lanjutnya.

Gus Mus menambahkan, seseorang kalau sudah bisa hidup sederhana, istiqomah serta adil akan bisa berdakwah dengan baik dan penuh kasih sayang. Ia juga akan memiliki Ruh ad-Da’wah (intuisi mengajak).

“Kalau ingin meneladani cara dakwah yang baik, tiru KH. Ma’ruf Irsyad. Semua landasannya kasih sayang, bukan kebencian,” jelasnya.

Pengajian umum ini menjadi puncak Peringatan haul ke 9 KH.Ma’ruf Irsyad. Sore hari tadi, para santri mengadakan Tahlil umum di makam mendiang Pengasuh Pesantren Raudlotul Muta’allimin Jagalan Kudus di pemakaman Sedio Luhur Krapyak.(rid/adb)

Comments