Gelar Upgrading, LPBINU Kudus Tingkatkan Kapasitas Relawan SARNU

0
907
Pembukaan Upgrading LPBINU Kudus

KUDUS,Suaranadliyin.com – Sejak akhir Oktober – Nopember, Pimpinan Cabang Lembaga Penanggulangan Bencana dan Perubahan Iklim Nahdlatul Ulama (PC LPBINU) Kudus mengadakan Upgrading peningkatan kapasitas relawan Search And Rescue (SAR) NU. Kegiatan bertempat di Kantor PCNU Kudus ini diikuti 28 relawan.

“Pada tahap pertama, LPBINU membekali relawan dengan SAR Gunung,”jelas pengurus LPBINU Kudus Muhammad Ramadhan kepada Suaranahdliyin.com,kemarin

Ramadhan menjelaskan  para relawan NU harus mendapat bekal kemampuan dan ketrampilan SAR pegunungan. Mengingat, kota Kudus memiliki banyak wilayah pegunungan yang rawan terjadi bencana.

“Dengan bekal yang dimiliki, para relawan SAR-NU yang  terjun ke lapangan mampu melakukan penanganan ataupun evakuasi secara tepat manakala terjadi bencana di pegunungan,”ujarnya.

Dalam kegiatan yang berlangsung setiap Kamis dan Sabtu itu, peserta mendapat bekal materi pendalaman ke-NU-an/Aswaja, ke-LPBINU-an, tanggap darurat, manajemen perbekalan, bivak survival dan Ilmu Medan Pengenalan Kompas (IMPK). Kemudian, Montenering (RC), Pusdatin/Komunikasi SAR, P3K dan Esar dan lainnya.

“Materi upgradng disampaikan oleh nara sumber kompeten dari PCNU, LPBINU, BPBD, Patma foundation dan SAR Kudus,”terang Ramadhan.

Peserta sangat antusias mengkiyu secara materi dari nara sumber

Usai pembekalan ini, kata dia, LPBINU Kudus akan membentuk tim SAR khusus penanganan benana di pegunungan. “Pada tahap berikutnya, kami berlanjut Diklatsar Water Rescue,”imbuhnya.

Kegiatan yang dibuka 22 Oktober 2020 ini, diawali gladi ruangan di Kantor PCNU Kudus dan diakhiri gladi lapangan di kawasan gunung Muria (28-29/11/2020).  Selain anggota LPBINU, Upgradingjuga diikuti dari  unsur Corp Brigade Pembangunan (CBP) IPNU, dan Banser Tanggap Bencana (BAGANA) dan Obaloka. (adb/ros)

Comments