Forum Kesenian Tali Jagad Pentaskan “Orang Asing”

0
580
Pementasan teater FKTJ dengan lakon “Orang Asing”

KUDUS, Suaranahdliyin.com – Forum Kesenian Tali Jagad (FKTJ) kembali mementaskan sebuah teater terbaru dengan lakon “Orang Asing” di gedung MWCNU Kaliwungu Kudus, Sabtu (1/7/2023).pementaan kali ini merupakan adaptasi teater yang diangkat dari karya terkenal Peter Brook, yang disutradarai oleh Noko Mores.

Orang Asing, naskah drama karya dari Rupert Brooke Bercerita tentang seorang lelaki muda kaya yang tersesat di sebuah hutan, beruntung mendapat tempat menginap di sebuah gubuk milik keluarga miskin yang terdiri dari ayah ibu dan seorang gadis. Tergiur dengan kekayaan si orang asing, keluarga miskin ini berencana untuk membunuhnya.
Belakangan terungkap, bahwa si orang asing ternyata adalah anak dari keluarga tersebut yang telah menghilang bertahun-tahun sebelumnya. Tapi nasi sudah menjadi bubur. Si anak hilang telah dibunuh adik perempuannya sendiri, hanya menyisakan kepedihan, sebuah jam tangan mewah, dan kopor berisi banyak uang.

Para aktor menampilkan kepiawaiannya dalam berakting dan menghadirkan suasana akan kehidupannya beserta segala konfliknya. Atmosfer Ketegangan batin, keputusasaan, penyesalan berhasil digambarkan dengan apik. oleh karena itu pementasan “orang Asing” ini menciptakan pengalaman teater yang kuat dan mendalam.

Ketua Pimpinan produksi, Muhammad Rizal Hilman mengatakan pertunjukan ini dalam rangkan mengangkat sebuah karya dengan tema-tema yang relevan dalam masyarakat, seperti moralitas, cita – cita, dan martabat manusia yang mendalam dan menggugah jiwa melalui cerita penuh makna dalam menghadapi tantangan kehidupan.
“Harapan diadakannya pentasi ini adalah agar Forum kesenian Tali Jagad di bawah naungan PAC IPNU-IPPNU Kaliwungu menjadi lebih solid dan apa yang pernah ada itu ada kembali dan selalu ada untuk kedepannya”ujarnya.

Rizal menjelaskan para pegiat FKTJ Ingin melanjutkan progja dari departemen olahraga dan budaya yang didalamnya terdapat progam kesenian.
“Dari situ kita memang ingin membuat pentas tersebut. karena sebelumnya di Pimpinan Anak Cabang itu sudah ada forum kesenian teater tali jagad. Jadi niatnya itu  dibawah pimpinan anak cabang IPNU- IPPNU Kecamatan Kaliwungu diperiode sekarang kita ingin menghidupkan kembali FKTJ yang sempat redup atau vakum. ”ungkapnya.

Secara Keseluruhan, “Orang Asing” adalah sebuah pertunjukan yang menggugah jiwa dan meninggalkan kesan mendalam.
(M Zulfan Ariyanto,mahasiswa PPL Prodi Komunikasi dan Penyiaran Islam IAIN Kudus)

Comments