Di Jepara, KSN Napak Tilas Kerajaan Kerajaan Agung Nusantara

0
280
Pelepasan KSN di Alun Alun Keling Jepara oleh Kasdim Kodim Jepara

JEPARA, Suaranahdliyin.com – Sungguh rasa haru dan bahagia ketika Kirab Santri Nusantara (KSN) 2018 yang melewati Kabupaten Jepara, menempuh rute Istimewa, yakni napak tilas Kerajaan Agung Keling, Kerajaan Kalinyamat dan Pendapa Perjuangan Emansipasi Perempuan Indonesia, RA. Kartini, yang  disambut meriah para santri dan masyarakat.

Diawali dengan penerimaan 17 Merah Putih dari Kabupaten Pati yang diterima oleh Kasdim Jepara di Kecamatan Keling. Keling merupakan kerajaan besar di Nusantara, yang berdiri pada abad ke-6 dan ke-7 M dengan ratu yang masyhur, Ratu Shima.

Setelah dari Keling, 17 Merah Putih KSN berkibar menuju Pendopo Kabupaten Jepara, yang merupakan rumah bersejarah pejuang emansipasi perempuan, RA. Kartini. 17 Merah Putih  KSN diterima oleh Bupati Jepara, Ketua PCNU Jepara dan Jajaran Forkopinda.

‘’Dari Pendapa Kabupaten Jepara, 17 Merah Putih KSN melanjutkan perjalanan menuju  Mantingan, untuk bertawasul dan berzikir bersama, di mana Sultan Hadirin dan Ratu Kalinyamat berserta Punggawa Kerajaan Kalinyamat disemayamkan,’’ terang H. Hisyam Zamroni, Wakil Ketua PCNU Jepara.

Selanjutnya, dari Makam Mantingan, 17 Merah Putih KSN tetap gagah kendati di guyur hujan, saat menuju Pusat Kerajaan Kalinyamat abad 15 – 16 M. Kerajaan Kalinyamat merupakan kerajaan yang tercatat sebagai kerajaan yang berani “nglurug” dan menggempur Portugis ke Malaka, yang dipimpin langsung oleh Ratu Kalinyamat.

‘’Dari pusat Kerajaan Kalinyamat, 17 Merah Putih KSN meluncur menuju Welahan, yang merupakan wilayah Syahbandar Kerajaan Kalinyamat, salah satu saksi kebesaran Armada Laut Kerajaan Kalinyamat,’’ terang Hisyam.

Lalu 17 Merah Putih KSN menuju Pendapa Kecamatan Mayong, yang menjadi saksi sejarah lahirnya RA. Kartini. ‘’Napak tilas KSN 2018 di Jepara, menjadi tonggak historitas bangsa dan Indonesia yang mempunyai kebanggaan luar biasa, disambut dengan gegap gempita oleh santri dan masyarakat. Semoga KSN 2018 memberikan semangat baru berbangsa, bernegara dan barokah,’’ lanjut Hisyam menambahkan. (gie, adb, ros/ rid, luh, mail, lam)

Comments