Danrem Wijayakusuma : Apel Kesetiaan NKRI Unik dan Luar Biasa

0
195
Apel kesetiaan NKRI di Pekalongan

PEKALONGAN,Suaranahdliyin.com – Komandan Korem 071 Wijaya Kusuma Kolonel Inf. Suhardi menilai kegiatan apel kesetiaan NKRI yang digagas Habib Luthfi bin Yahya adalah unik dan luar biasa.

Menurut Danrem, apel kesetiaan NKRI hanya ada di Pekalongan  dan muncul dari gagasan seorang Habib Luthfi yang mendapat dukungan penuh dari jajaran TNI Polri dan masyarakat Pekalongan.

Hal tersebut disampaikan Danrem kepada media usai memimpin apel kesetiaan NKRI di alun alun Kota Pekalongan Sabtu (23/12/2017).

“ApaHabib Luthfi dengan menggelar apel adalah contoh teladan yang patut ditiru oleh masyarakat.siapapun yang mengaku dirinya cinta perdamaian, cinta persatuan dan cinta keutuhan NKRI,”katanya.

Dalam amanatya, Danrem Wijayakusuma yang mewakili Pangdam IV/Diponegoro mengajak untuk tidak lupa kepada para ulama, kiai dan santri yang mempunyai jasa yang sangat besar sebelum, saat dan sesudah kemerdekaan.

Dikatakan, peran ulama kiai dan santri semakin penting dalam kehidupan setelah kemerdekaan, karena mampu memberikan keharmonisan dalam kehidupan sehari – hari di tengah-tengah masyarakat.

Oleh karena itu, Danrem menilai tepat Habib Luthfi merangkul semua elemen masyarakat termasuk TNI dan Polri agar bisa manunggal dengan rakyat dengan cara menggelar kegiatan bersama dan terus dipelihara untuk keharmonisan semua elemen.

Apel kesetiaan NKRI diikuti oleh TNI dan Polri, jajaran Banser dan Ansor. Tidak ketinggalan para pelajar di bawah naungan LP Ma’arif NU se Kota Pekalongan ikut ambil bagian dalam event yang digelar bersamaan dengan peringatan maulid Nabi di Kanzus Sholawat Pekalongan.

Sekretaris Umum Panitia Maulid Kanzus Sholawat Sumarjo mengatakan, kegiatan apel kesetiaan NKRI adalah bagian dari rangkaian maulid dengan puncak acara peringatan berlangsung Ahad (24/12) yang dipusatkan di Jalan dr Wahidin Kota Pekalongan.

Beberapa kegiatan penunjang,menurut Sumarjo yang berhasil digelar antara lain : Nikah maulid, Pembacaan Rotibul Kubro, Pawai Merah Putih, Silaturrahim Ulama TNI dan Polri serta kegiatan pawai ‘pajang jimat’. (muiz/adb)

Comments