Cek Arah Kiblat Sendiri, Ini yang Harus Diperhatikan

0
256

KUDUS, Suaranahdliyin.com – Selasa, 23 Ramadan 1440 H / 28 Mei 2019 M, pada pukul 16.18 WIB, posisi matahari akan berada tepat di atas Kakbah.

Untuk itu, Anda bisa mengecek secara mandiri (personal), ketepatan kiblat. Sehingga sewaktu salat, benar-benar bisa tepat ke arah kiblat.

Ustaz Noor Aflah, muhadlir (dosen) pada Ma’had Aly li Ilmi Falak Tasywiquth Thullab Salafiyah (TBS) Kudus, mengutarakan hal itu kepada Suaranahdliyin.com, pagi ini.

“Nanti sore, pukul 16.18 WIB, posisi matahari tepat di atas Kakbah, sehingga bayang-bayang benda tegak lurus akan menunjukkan arah kiblat,” katanya.

Untuk itu, jelasnya diamini Ustaz Syaifuddin, masyarakat bisa mengecek arah kiblatnya sendiri. “Caranya mudah, dan tidak ribet,” ujarnya.

Untuk mengecek arah kiblat pada saat posisi matahari tepat di atas Kakbah, siapkan tongkat atau bandul tegak lurus, lalu carilah lokasi yang langsung mendapat sinar matahari atau tidak terhalang apapun.

“Yang harus diperhatikan, permukaan jatuhnya pantulan harus benar-benar rata, kemudian sesuaikan jam dengan BMKG atau internet. Agar waktu mengecek arah kiblat, benar-benar tepat pada waktunya,” Ustaz Syaifuddin menambahkan. (mail, ros/ adb, rid)

Comments