Buka Posko, NU Peduli Kudus Open Donasi Banjir 

0
774
Relawan NU membantu evakuasi warga yang terkena banjir

KUDUS, Suaranahdliyin.com – Bencana banjir yang terjadi di sejumlah wilayah Kabupaten Kudus mengundang kepedulian dari berbagai kalangan. Sabtu (16/3/2024) kemarin, NU Peduli Kemanusiaan Kudus langsung bergerak cepat menggelar koordinasi untuk penanganan bencana bersama PCNU, Banom dan Lembaga NU termasuk Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) terdampak banjir.

Dalam rapat koordinasi yang dipimpin Ketua NU Peduli Kudus H. Sarmanto di kantor NU Jl Pramuka 20 memutuskan PCNU dan banom membuka Posko AJU yang terpusat di kantor NU CARE – LAZISNU Jl. Pramuka no 21 Kudus.

“POS AJU ini sebagai central komunikasi, koordinasi, managemen sekaligus pengendali giat penanganan bencana banjir di Kudus,” ujar Sarmanto.

NU Peduli meminta semua MWCNU se Kudus segera membuat Pos Pelayanan (Posyan) maupun posko siaga sesuai fungsi dan tempat masing-masing. MWCNU Jati dan Kaliwungu terdampak banjir bisa mendirikan Posyan untuk keperluan dapur umum, pengungsian, evakuasi, transportasj dan layanan kesehatan.

“MWCNU Undaan bisa membuat posko karena wilayahnya siaga 1 (pengamanan tanggul) akibat debit air bendungan dan sungai yang semakin naik sekaligus siap Siagaan menghadapi potensi banjir,” ujar Sarmanto.

“Untuk MWCNU lainnya membuat Pos Siaga yang dimaksud tetep dalam kondisi siaga dalam menghadapi potensi bencana yang bersifat insidental di wilayahnya masing-masing dan membantu wilayah yang terkena bencana,”lanjutnya.

NU Peduli Kemanusiaan juga melakukan gerakan penggalangan donasi berupa uang, sembako, makanan siap saji dan perlengkapan sekolah. Namun tidak menerima bantuan berupa pakaian bekas.

“Bantuan bisa disalurkan melalui Pos NU di berbagai tempat atau POS AJU. Untuk uang bisa transfer ke nomor rekening Bank BTN  18201300001176  a.n Lazisnu Kudus dan informasi – konfirmasi ke WA 08112893345,”terang Staf Posko AJU NU Kudus Arif Riyanto. (adb/ros)

Comments