Ansor Gebog Ngaji Rescue untuk Bekal Penanganan Bencana

0
1658
Kepala UPT Puskesmas Gondosari menjadi pembicara Ngaji Rescue yang diadakan Ansor Gebog

KUDUS, Suaranahdliyin.com – Pimpinan Anak Cabang GP Ansor Kecamatan Gebog mengadakan kegiatan Ngaji Rescue di aula UPT Puskesmas Gondosari, Selasa malam (22/1/2019). Dalam acara itu, mereka menghadirkan dua nara sumber, H. Yudo Sutrisno,SKm, M.Si (Kepala UPT Puskesmas Gondosari) dan Syaiful Amri (Lembaga penanggulangan Bencana dan perubahan Iklim Nahdlatul Ulama /LPBINU Kudus).

Ketua PAC GP Ansor Gebog M.Syaifuddin Nawawi mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk membekali anggota relawan agar selalu siap siaga dan cakap membantu korban berdampak bencana. Saat terjadi bencana, Ansor- Banser bersama komponen lainnya kerap kali terlibat menangani di beberapa titik terutama wilayah Gebog yang menjadi kawasan rawan longsor.

“Melalui Ngaji Rescue, anggota Ansor dan kader NU mempunyai bekal pengetahuan yang cukup untuk menjadi relawan kebencanaan,”ujarnya

Baca Juga : Siagakan Diri Tanggulangi dan Kurangi Risiko Bencana

Ia menjelaskan kegiatan ini fokus pada penanganan medis korban bencana. Harapannya, relawan Ansor dan kader NU sudah mampu memberikan pertolongan pertama terhadap kondisi kesehatan korban bencana.

“Manakala terjadi bencana, relawan sudah paham mana yang harus didahulukan menangani korban secara medis,”imbuh Nawawi.

Pada kesempatan itu, Yudo Sutrisno memberikan materi tentang alur medis sistem kebencanaan. Sementara Syaiful Amri memaparkan managemen resiko kebencanan terkhusus tanah longsor.

“Seorang relawan harus sehat agar dalam menolong tidak kemudian ditolong,”ujar Yudo mengawali ceramahnya.

Peserta Ngaji Rescue

Kegiatan Ngaji Rescue ini diikuti puluhan anggota Ansor – Banser, IPNU-IPPNU, Corp Brigade Pembangunan (CBP) dan Korp Pelajar Putri (KPP) kecamatan Gebog. (adb/ros).

 

Comments