Ada Teras UMKM di Masjid Al-Mubarok Demaan

0
345
Masjid Al-Mubarok Demaan, Kota, Kudus

KUDUS, Suaranahdliyin.com – Sebuah terobosan menarik dilakukan oleh pengurus Masjid Al-Mubarok Demaan, Kecamatan Kota, Kudus dengan mengembangkan Teras UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah).

Menurut ketua pengurus Masjid Al-Mubarok, H Ubaidillah Andoko, Teras UMKM mulai digagas sejak dua tahun terakhir. “Alhamdulillah, kami sudah mengembangkan Teras UMKM mulai sekitar dua tahun lalu,” katanya kepada Suaranahdliyin.com, Jumat (12/1/2024) lalu.

Dia mengatakan, Teras UMKM ini terbuka bagi warga, khususnya warga di sekitar Masjid Al-Mubarok Demaan, untuk menitipkan produknya. “Silakan yang memiliki produk, bisa nitip. Untuk sharing keuntungan untuk masjid, nantinya akan dipergunakan untuk kemaslahatan ummat,” katanya.

Haji Koko -sapaan H Ubaidillah Andoko- menyampaikan, bahwa gagasan membuka Teras UMKM di Masjid Al-Mubarok ini, adalah dalam rangka mendukung pengembangan dan kemandirian perekonomian masyarakat.

“Jadi fungsi masjid ini tidak sekadar untuk salat atau mengaji saja, tetapi ada peran-peran pemberdayaan Masyarakat yang bisa didorong dari keberadaan masjid,” lanjut H Koko yang juga akrab dikenal dengan Kang Prabu itu.

Dan bermula dari hadirnya Teras UMKM itulah, terang H Koko, ada aktivitas pemberdayaan-pemberdayaan lain yang juga dalam momentum-momentum khusus, digelar event pameran dan bazar.

Teras UMKM di samping serambi masjid

“Terkait bazar, ada event-event yang di momentum-momentum tertentu kita agendakan untuk digelar. Dan dari beberapa kali penyelenggaraan bazar, apresiasi masyarakat luar biasa bagus, sehingga kami lakukan evaluasi supaya dalam penyelenggaraan bazar berikutnya lebih baik lagi,” tuturnya. (ros/ mail, rid, adb, gie, luh)

 

 

 

 

Comments