93 Tumpeng dan 93 Manaqib di Puncak Harlah ke-93 Madrasah TBS

0
284
Dua santri sedang menata tumpeng untuk kegiatan pembacaan manaqib.

KUDUS, Suaranahdliyin.com – Sabtu (16/2/2018) malam ini, adalah puncak digelarnya peringatan Hari Lahir (Harlah) ke-93 Madrasah TBS Kudus. Berbagai gelaran spesial disiapkan panitia menyemarakka Harlah madrasah tersebut.

Salah satu yang spesial adalah, setelah Maghrib akan diselenggarakan pembacaan 93 manaqib. Panitia juga telah menyiapkan 93 tumpeng yang merupaka sumbangan dari para kiai TBS dan para alumni.

“Pembacaan 93 manaqib dilakukan oleh para alumni. Tumpeng yang terkumpul ini juga sumbangan alumni lintas angkatan,’’ ujar ketua panitia Harlah ke-93 Madrasah TBS Kudus, Kiai Saiq Karim kepada Suaranahdliyin.com.

Selain pembacaan 93 manaqib dan 93 tumpeng, terang Saiq Karim menambahkan, usai pembacaan manaqib juga akan dibaca hizib autad. ‘’Kami para alumni merasa bersyukur pernah belajar di Madrasah TBS. Sebagai santri, kami senantiasa berharap berkah para kiai dan selalu takzim pada masyayikh dan guru-guru kami,’’ paparnya.

Sementara itu, Sabtu sore ini, para alumni juga melakukan ziarah ke makam muassis dan masyayikh, di antaranya ziarah ke makam KH Arwani Amin, KH Turaichan Adjuri, KH Ma’mun Ahmad, KH Ma’ruf Irsyad, KH Choirozyad Tajusyarof, dan KH Ahmad Toha.

Selain itu, juga ke makam KH Musyaffa’, KH Zawawi Mufid, KH Abdul Muhith, KH Noor Chudrin, Habib Abdullah Aljufri, KH Ahmad Rofiq Chadziq, dan KH Hambali berserta KH Baihaqi.

Sedang malam puncak Harlah, digelar pengajian umum bersama para masyayikh. Pengajian akan dihadiri di antaranya KH M. Ulil Albab Arwani, KH M. Arifin Fanani, KH Hasan Fauzi, KH Musthofa Imron, KH Muhammad Arwan, KH Munfa’at, KH Masykur Muin dan lainnya. (ris, mail/ ros, adb)

Comments